Makassar (Antara Sulsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Sulawesi Selatan mengirimkan 12 petinjunya ke kejurnas tinju junior di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 1-7 Agustus 2017.

"Dari 12 atlet ini, lima diantaranya petinju putri dan tujuh lainnya petinju putra. Kejurnas ini akan diikuti seluruh provinsi di Indonesia karena merupakan kalender PP Pertina," jelas Ketua Pertina Sulsel Adi Rasyid Ali di Makassar, Sulsel, Rabu.

Petinju Sulsel yang akan berlaga di kejurnas ini masing-masing tujuh putra dan lima putri. Tujuh atlet putra empat diantaranya mengikuti kategori youth dan tiga lainnya dikategori junior. Sementara di kelompok putri lima atlet meliputi tiga atlet dikategori youth dan selebihnya dikategori junior.

Petinju Sulsel yang akan turun di kategori youth yakni Holy Josua Masihor yang akan turun kelas 49 kilogram (kg), Sandi Nirwana kelas 52 Kg, John Latuheru, kelas 48 kg, Muslimin Sugaito kelas 56 kg.

Untuk petinju putra junior yakni Fatur Nurlatif kelas 60 kg, Abraham Masihor kelas 56 kg dan Ricky kelas 46 kg.

Sementara di kelompok putri masing-masing di kategori youth adalah Hindriawati Haer kelas 51 kg, Ayu 45 kg, Marhayati 54 kg dan dua lainnya dikategori junior yakni Nurul Annisa Amahoru 48 kg dan Balqis 45 kg.

"Atlet yang kita utus ini merupakan yang terbaik di kelasnya. Permainan mereka tidak kalah dengan peserta dari seluruh Indonesia. Hanya semangat dan mental mereka saat bertanding yang dibutuhkan. Soal strategi permainan saya kira tidak diragukan lagi," tegasnya.

Delegasi atlet Sulsel dipimpin Ketua Harian Pertina Sulsel, DR Joni Muis MPd. Dosen di Universitas Negeri Makassar (UNM) sekaligus sebagai manager tim di kejurnas ini.

Sementara itu 12 petinju yang akan bertarung mengharumkan nama Sulsel di kancah nasional akan didampingi tiga pelatih berpengalaman. Masing-masing Dufri Masihor, Abdullah Tabo dan Alan Oktavianus Tullalessy.

"Tapi melihat potensi dan prestasi para atlet selama ini kami yakin bisa membawa pulang dua medali, masing-masing satu putra dan putri," kata Joni Muis.

Joni menambahkan di level nasional petinju Sulsel baru saja menorehkan prestasi dengan meraih medali perak yakni di Kejurnas Kapolri Cup di Jambi melalui petinju Blasius Kuruop. Kejurnas ini diikuti petinju-petinju terbaik di Indonesia masing-masing di kelasnya.

"Padahal kepengurusan Pertina Sulsel di bawah kepemimpinan ARA (sapaan akrab Adi Rasyid Ali) baru berusia sebulan. Tapi atlet kami bisa bersaing di kejuraaan ini dan meraih mddali perak di kelas 64 kg. Ini suatu kebanggan bagi kami," ujar Muis.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024