Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka secara resmi pelaksanaan Ritech Expo ke-22 di Wisma Negara, Center Point of Indonesia, Makassar Sulawesi Selatan, Kamis.

Wapres didampingi Presiden Indonesia Ke-3 BJ Habibie, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menarik pita merah putih sebagai tanda diresmikannya acara.

Bersama rombongan pria disapa akrab JK ini mengunjungi sejumlah stan Dirgantara Indonesia (DI) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN. Pada kesempatan itu, Menristekdikti menjelaskan perkembangan teknologi di Indonesia sejak 1995 sampai saat ini.

Pihaknya berharap dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional kali ini dapat mengembalian kejayaan teknologi Indonesia melalui hasil karya anak bangsa atas penerbangan perdana pesawat N-219 buatan PT DI dan LAPAN.

"Harapannya semoga tahun ini kejayaan teknologi Indonesia bisa bangkit kembali dengan hadirnya pesawat N-219. Dengan Haktenas 2017 semangat kebangkitan teknologi kita gelorakan kembali," ujar Mohammad Nasir.

Sedangkan Keunggulan Pesawat N219 berkapasitas 19 orang ini mampu mendarat di segala jenis landasan, baik landasan tak beraspal maupun landasan tanah. Pesawat ini dirancang untuk memenuhi di wilayah perintis.

Selain itu JK juga mendapat penjelasan tentang produk-produk inovasi anak negeri yang dipamerkan dari masing-masing peserta,salah satunya terkait Lapan Surveilance UAV-02 (LSU-02) atau produk inovasi dari LAPAN.

Bahkan saat mengunjungi stan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Ketua PMI ini menerima penjelasan kepala BATAN Prof Djarot S Wisnubroto tentang prototipe material smart magnet Radar Absorbing Material karya BATAN.

Sementara stan Ditjen Inovasi, dipaparkan tentang inivasi kapal nelayan baja berlisensi yang terbuat dari plat baja datar. Kapal ini pun sudah diluncurkan Wapres pada puncak acara Hakteknas ke-22 di kawasan CPI Makasar.

Diketahui, Ritech Expo merupakan agenda tahunan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi guna mendiseminasikan hasil riset termask produk inovasi anak bangsa dan digelar pertama kali di Luar Jawa yakni Makassar. Pada 2018 mendatang diagendakan di Provinsi Riau.

Sedangkan tema Hakteknas ke-22 yakni Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan dengan sub tema Peran Sumberdaya Manusia dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia.

Tema ini sejalan dengan misi Pembangunan Jangka Panjang Nasional, yaitu, Mewujudkan Indonesia Menjadi Negara Maritim yang Mandiri, Maju, Kuat dan Berbasiskan Kepentingan Nasional.

Ritech Expo berlangsung di kawasan Wisma Negara, CPI Kota Makassar 10-13 Agustus 2017. Ritech Expo berjumlah 183 booth dengan peserta 110 instansi, 15 unit utama Kemristekdikti, 35 perguruan tinggi, 10 balitbangda, 20 kementerian dan lembaga, 20 industri dan BUMN, serta 10 Asosiasi juga Komunitas.

Selain pameran produk-produk inovasi karya anak bangsa, digelar pula berbagai kegiatan seperti unjuk produk iptek, seminar iptek, unjuk sains, temu bisnis, dan lomba foto dan video.
 

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024