Makassar (Antara Sulsel) - Nurdin Abdullah menyatakan masih optimistis mendapat dukungan dari Partai Politik (Parpol) untuk maju pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2018.

"Masih optimis mendapat dukungan parpol, beberapa sudah dijajaki," kata Nurdin saat dihubungi di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Meski suhu politik Pilgub Sulsel saat ini mulai meningkat, namun konstelasi politik menurut dia masih cair. Hal ini karena hanya Nurdin Halid yang hampir pasti lolos untuk maju pilkada dengan dukungan 18 kursi Partai Golkar di DPRD.

"Semua kan masih cair, jadi tidak ada yang bisa mengklaim maju `head to head`. Hanya pak Nurdin Halid saja yang bisa dipastikan maju," kata Bupati Bantaeng dua priode itu.

Ia mengatakan, persyaratan menjadi kontestan pemilu adalah diusung oleh parpol maupun gabungan parpol dengan memiliki minimal 17 kursi di DPRD.

Sementara hanya Partai Golkar yang melampaui syarat dengan 18 kursi di parlemen. Sedangkan Partai beringin ini dipastikan akan mengusung Nurdin Halid.

Sementara, calon-calon lain saat ini belum dapat dipastikan mengingat hingga saat ini belum terbentuk koalisi partai politik yang memenuhi syarat untuk dapat mengusulkan calon.

"Sekali lagi saya tekankan bukan tipe orang ngotot, kita tetap berusaha membangun komunikasi politik untuk dukungan parpol, Insya Allah akan ada," tuturnya.

Nurdin dalam kesempatan tersebut juga tidak ingin menanggapi serius kabar akan adanya dukung empat partai politik besar sebelum ada kepastian dari Parpol yang dimaksud.

Sementara itu, Agus Arifin Nu`mang yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Sulsel telah mendapat rekomendasi dukungan dari PKB yang memiliki 4 kursi dan PBB satu kursi di DPRD.

Namun kedua partai tersebut belum mencukupi syarat untuk dapat mengusung Agus Arifin Nu`Mang maju di Pilkada Sulsel. Meski digadang-gadang akan berkoalisi dengan kandidat dari Demokrat yang memiliki 11 kursi, koalisi tetap membutuhkan satu kursi tambahan untuk menggenapi syarat maju dalam Pilkada Sulses 2018, yaitu 17 Kursi di DPRD.

Ichsan Yasin Limpo yang akan maju dalam perhelatan demokrasi di Sulses tersebut juga digadang-gadang akan mendapatkan dukungan usungan dari PAN dengan sembilan kursi dan PPP tujuh kursi sehingga total 16 kursi. Hal itu juga belum mencukupi untuk maju. Bahkan surat keputusan rekomendasi resmi dari DPP masing-masing parpol tersebut juga belum dikeluarkan.

Sementara enam partai tersisa memiliki kursi di DPRD Sulsel seperti, NasDem tujuh kursi, PDIP lima kursi, PKS dan Hanura masing-masing enam kursi dan PKPI satu kursi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024