Makassar (Antara Sulsel) - Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran UNM seminarkan tiga karya penelitian mahasiswa di Aula FIP Universitas Negeri Makassar, Minggu.

Ketua Divisi Penelitan dan Pengembangan LPM Penalaran UNM, Muhammad Nurul Kamal Purnama di Makassar, mengatakan seminar hasil ini merupakan tindak lanjut dari seminar proposal yang telah dilakukan sebelumnya.

"Semoga hasil penelitian ini dapat dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional, meningkatkan eksistensi lembaga dan manfaatnya dapat teraplikasikan di masyarakat,"katanya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini terdapat tiga kelompok yang mengikuti seminar hasil yakni kelompok pertama Ayu Ashari, Zahraini Fajri Nur, Husnul Hatima Rusyid dengan judul Penelitian Analisis Dampak yang Ditimbulkan oleh Ketidaksesuaian Latar Belakang Pendidikan Guru SMA dan Sederajat dengan Mata Pelajaran yang diampu (mismatch) di Kota Makassar.

Kelompok kedua yaitu Afiq Agung, Nurfaida, dan Muhammad Nasrullah dengan judul penelitian Pengembangan Idea-Phyrlab (Media Pembelajaran Fisika berbasis Virtual Laboratory pada Persamaan Gas Ideal.

Kelompok terakhir yaitu Musdalifa K, Muh, Nurul Kamal Purnama, dan Herawati dengan judul penelitian Sintesis dan Karakterisasi Nanopartikel Seng Oksida (ZnO) dan Aplikasinya sebagai Agen Antibakteri Staphylacoccus aureus pada Kain Katun jenis Cotton Combed.

Sebelum melakukan seminar hasil, tim peneliti telah melakukan Term of Reference (Tor), seminar proposal, dan penelitian lapangan. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus, pendamping, anggota, serta alumni LPM Penalaran.

Penelitian dengan metode Research and Development berhasil menciptakan media Idea-Phyrlab berbasis virtual laboratory untuk pembelajaran fisika untuk materi Persamaan Gas Ideal.

Virtual laboratory merupakan pengembangan teknologi komputer sebagai suatu objek multimedia interaktif yang digunakan untuk mensimulasikan percobaan laboratorium ke dalam komputer.

Penelitian dengan metode kualitatif berhasil menemukan bahwa salah satu dampak positif dari guru mismatch adalah memiliki kompetensi (pedagogik, individual, dan sosial) yang baik dan salah satu dampak negatif dari guru mismatch adalah kurangnya inovasi dan kreatifitas penggunaan media dan metode pembelajaran berkaitan dengan kinerja guru.

Penelitian dengan laboratory eksperiment dengan pendekatan true experimental menemukan hasil uji aktivitas antibakteri ZnO pada kain cotton combed terhadap bakteri Staphylacoccus aureus menunjukkan adanya zona bening pada medium dengan variasi terbaik yakni pada ZnO konsentrasi 7,5 persen dengan jumlah pencelupan kain pada ZnO sebanyak 5 kali, sehingga kain cotton combed dapat menjadi kain anti bakteri.

Sementara Ketua Umum LPM Penalaran UNM Muhammad Alimka berharap kegiatan ini menghadirkan banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan, semoga semangat meneliti bukan hanya milik kalian. Tetapi, milik semua mahasiswa khususnya. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024