Manado (Antara Sulsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara berharap warga di sejumlah wilayah mewaspadai cuaca ekstrem, Kamis.

"Waspadailah potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Tri Tjahyo, Kamis.

Cuaca ekstrem tersebut diperkirakan terjadi di  di wilayah Kota Manado, Bitung, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa selatan, Bolaang mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Kepulauan Sangihe dan Talaud.

Tjahyo menambahkan, pada siang hari cuaca cerah berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di seluruh wilayah kabupaten dan kota.

Sementara pada malam hari, berpotensi hujan ringan di wilayah Kota Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), dan Tondano (Kabupaten Minahasa).

Selanjutnya, Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), dan Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe).

Sedangkan pada dini hari nanti cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di seluruh kabupaten dan kota Sulawesi Utara.

"Suhu udara diperkirakan 21¿31 derajat selsius dengan kelembaban 80¿95 persen. Sementara angin yang bertiup dari arah tenggara hingga barat laut 10¿20 kilometer per jam," katanya menambahkan.

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024