Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI melepas tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) ke acara temu Sibat Nasional di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 16-20 September 2017.

"Ini adalah salah satu tim kemanusiaan yang bekerja tanpa pamrih di mana semata-mata betul karena kemanusiaan. Keberangkatannya dalam acara temu nasional di Bogor itu akan memperkaya khasanah pengetahuannya," ujar Deng Ical -- sapaan akrab Syamsu Rizal di Makassar, Kamis.

Dihadapan kontingan Sibat Makassar, ia mengatakan bahwa di acara temu Sibat nasional akan banyak peluang-peluang dan informasi yang bisa dapatkan sehingga itu harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik.

Deng Ical berharap para anggota kemanusiaan ini bisa mengambil pelajaran dari temu nasional itu karena tim kemanusiaan dari seluruh Indonesia juga berkumpul di Bogor.

"Tergantung mau manfaatkan untuk mencari teman ataupun mencari peluang bisnis dan lainnya. Sehingga apa yang kita dapatkan di temu Sibat Nasional nantinya itu dapat di aplikasikan di kecamatan kita masing-masing," katanya.

Deng Ical yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar berharap apa yang didapatkan dalam temu Sibat Nasional nantinya bisa di aplikasikan dengan baik dan salah satunya bagaimana agar bank sampah binaan Sibat Kecamatan Tallo bisa lebih baik.

"Melalui temu sibat nasional ini kita berharap bank sampah yang di bina teman-teman sibat Kecamatan Tallo dapat lebih produktif agar dapat mengurangi kesenjangan-kesenjangan yang ada di masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Sekertaris PMI Kota Makassar, Nur Salam sapaan akrab Gafur, mengatakan bahwa sebanyak 13 orang anggota sibat yang akan berangkat ke Kabupaten Bogor untuk mengikuti temu sibat Nasional dan melaukan berbagai kegiatan

"Diantaranya itu berupa penanaman pohon dan pelatihan pertolongan pertama berbasis masyarakat. Selain itu, ekposes kegiatan sibat dan cerita sukses sibat pmi di masyarakat," ujar Gafur.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024