Makassar (Antara Sulsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sulawesi Selatan telah menetapkan tujuh daerah sebagai tuan rumah babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (pra-Porda) 2017 cabang voli indoor pada 28 Oktober 2017.

Sekretaris Umum PBVSI Sulsel, Hamka Sanusi di Makassar, Sabtu, mengatakan untuk wilayah I itu tuan ruah Soppeng, Wilayah II (Jeneponto), Wilayah III (Maros), Wilayah IV (Barru) dan Wilayah V (Enrekang).

"Sementara untuk wilayah VI yang menjadi tuan rumah yakni Wajo serta yang terakhir yakni Wilayah VII akan dilaksanakan di Kabupaten Luwu," ujarnya.

Untuk Wilayah I akan dihuni beberapa daerah seperti Soppeng, Bulukumba, Sinjai. Selanjutnya Wilayah II (Jeneponto, Selayar, Bantaeng dan Takalar), Wilayah III (Maros, Gowa, Makassar), Wilayah IV yakni Barru, Pangkep dan Kabupaten Bone.

Selanjutnya untuk Wilayah V dihuni Enrekang, Toraja, Toraja Utara, Wilayah VI (Wajo, Parepare dan Palopo) serta wilayah terakhir yakni Luwu, Luwu Utara. Luwu Timur dan Sidenreng Rappang (Sidrap).

Ia menjelaskan, babak kualifikasi di masing-masing wilayah dilaksanakan secara serentak selama tiga hari yakni Jumat, Sabtu dan Minggu.

"Bola Voli indoor itu dibagi dalam tujuh wilayah dan dilaksanakan mulai 28 Oktober nanti. Kami berharap seluruh daerah terus fokus mempersiapkan atletnya agar bisa merebut tiket tampil di Porda 2018 di Kabupaten Pinrang,"jelasnya.

Dari setiap wilayah tersebut, kata dia, akan terpilih satu tim yang berada diposisis teratas. Tujuh tim terbaik dari setiap wilayah selanjutnya berhak tampil di Porda 2018.

Menurut dia, voli indoor ini memnyediakan delapan tiket. Namun satu tiket sudah diberikan kepada Pinrang sebagai tuan rumah Porda 2018.

"Untuk satu tiket otomatis telah diamankan Kabupaten Pinrang. Jadi intinya harus mempersiapkan diri lebih maksimal karena setiap wilayah hanya memperebutkan satu tiket lolos ke Porda 2018," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024