Rantepao (Antara Sulsel) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan berharap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Toraja (Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara) untuk menyaksikan langsung pesona dan membantu pengembangan kawasan Toraja sebagai ikon pariwisata nasional.

"Kami pemuda Sulsel, sangat merindukan kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Toraja untuk melihat dan meninjau langsung potensi wisatanya," kata Ketua KNPI Sulsel Imran Eka Saputra, terkait peran KNPI dalam mendukung program-program sektoral pemerintah di daerah saat dihubungi dari Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis.

Selain itu, kata Imran, setiap tahun Pemprov Sulsel bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara mengelar even berskala internasional "Lovely December" dan pada 2017 dipusatkan di Kabupaten Toraja Utara, yang merupakan tempat kelahiran Pahlawan Nasional Pongtiku.

Imran menambahkan, dengan kehadiran Presiden Jokowi, ia yakin akan mendorong pembenahan dan pengembangan Kawasan Pariwisata Toraja berjalan lebih cepat dan tepat.

Menurut dia, Toraja dikenal sebagai kawasan destinasi wisata unggulan di Sulawesi Selatan memiliki daya tarik tersendiri yang jarang dijumpai di daerah lain.

"Tidak hanya menonjolkan ritual budaya yang unik, Toraja juga kaya dengan pesona alam yang eksotik, dan tentu saja produk kopi dengan cita rasa berkelas yang sudah diakui oleh dunia," ujarnya.

Dengan semua daya tarik tersebut, kata Imran, prospek pariwisata Toraja bila dibarengi dengan komitmen dan kebijakan semua stakeholder yang fokus pada pengembangan kepariwisataan khususnya dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur yang memadai.

"Bukan tidak mungkin akan menjadi ikonik baru pariwisata nasional yang setara dengan Bali, kita masyarakat Sulsel bangga menjadi bagian dari Toraja dan siap serta yakin untuk mewujudkannya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas  Kominfo Pemkab Toraja Utara  Fitra mengatakan sudah lama masyarakat Toraja memiliki harapan yang besar untuk dapat melihat dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

"Melalui media, Bapak Jokowi sangat dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan masyarakatnya, dan mungkin karena hal itu, saya banyak mendengar dan memperoleh masukan dari masyarakat Toraja, baik langsung maupun tidak langsung mengharapkan Bapak Jokowi dapat berkunjung ke Toraja," ungkap Fitra..

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024