Bantaeng (Antara Sulsel) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Barat (Disnakertrans Sumbar)   bersama Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumbar melakukan kunjungan kerja dan study komparatif terkait bidang ketenagakerjaan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Rombongan Disnakertrans Sumbar diterima Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Bantaeng Ansar Tuba di Ruang Rapat Sekda Bantaeng, Rabu.

Kepala Disnakertrans Sumbar Nazrizal, yang juga pimpinan rombongan mengatakan dipilihnya Bantaeng sebagai lokasi kunjungan, berdasarkan rekomendasi Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kementerian Tenaga Kerja RI.

Menurut Nazrizal, Dirjen Binalattas menyatakan Bantaeng merupakan daerah yang sangat menonjol di bidang ketenagakerjaan dan salah satu daerah yang beberapa langkah lebih maju dalam hal tata kelola ketenagakerjaan.

"Kami datang untuk mendapatkan ilmu tentang kebijakan atau regulasi terkait penataan ketenagakerjaan yang menurut informasi, Bantaeng sudah pada tahap pembentukan peraturan daerah kabupaten," jelasnya.

Dia menambahkan, kunjungan ini diharapkan bisa mendapatkan informasi dan pengalaman Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam hal penyusunan dan penerapan Peraturan Daerah tentang Sistem Pelatihan Kerja.

Sementara itu,  Ansar Tuba pada kesempatan itu memberi pemaparan singkat terkait capaian kinerja Pemkab Bantaeng selama 10 tahun terakhir, tepat saat Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mulai menjabat sebagai kepala daerah. Perkembangan Bantaeng yang terbilang pesat ditengah minimnya Anggaran Pembangunan Daerah.

Setelah penerimaan secara resmi, kunjungan akan dilanjutkan dengan peninjauan ke Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK)  Bantaeng, guna study komparatif pengelolaan BLK yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan berskala internasional.

Turut hadir pada acara penerimaan antara lain Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng Andi Mappatoba, Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantaeng Syahrul Bayan, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng H Abdullah Taibe, Kadis Kominfo Hartawan Zainuddin, Sekretaris Dinas Kesehatan dr Andi Ihsan, serta Kabag Humas dan Protokol Setda Bantaeng Idham Kadir.    


Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor :
Copyright © ANTARA 2024