Ambon (Antara Sulsel) - Prajurit Yonif Raider 733/Masariku melakukan penanaman pohon di Dusun Karang-Karang, Kota Ambon sebagai bagian dari aksi peduli lingkungan.

Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara, Jumat menyatakan, aksi yang juga merupakan implementasi program "Emas Hijau" tersebut dilakukan kemarin, usai melaksanakan Latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi yang telah berlangsung selama empat hari di Dusun Karang-Karang, Desa Poka, Kecamatan Baguala.

Disebutkan, penanaman pohon kali ini menjadi langkah konkrit upaya penyelamatan sumber daya hayati.

Kegiatan penanaman pohon selepas latihan memang sedang digalakkan di Jajaran Kodam XVI/Pattimura, mulai dari setelah latihan Berganda Dikma sampai latihan-latihan Tingkat Satuan.

Hal itu merupakan wujud kepedulian Prajurit Kodam XVI/Pattimura yang bukan hanya menjaga keamanan tetapi juga lingkungan hidup yang sejalan dengan program "Emas Hijau".

Wakil Komandan Yonif Raider 733/Masariku Mayor Inf Elly Purwadi mengatakan, latihan merupakan suatu kebutuhan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan guna mendukung kesiapan/kesiapsiagaan satuan untuk menghadapi tuntutan dan tantangan tugas ke depan yang semakin berat.

"Setiap latihan, di setiap tempat yang kami pakai untuk latihan, kami akan melaksanakan kegiatan penanaman pohon," katanya.

Menurut dia, aksi itu wujud kepedulian Prajurit TNI dalam menghijaukan lingkungan dan mendukung program Emas Hijau Kodam XVI/Pattimura.

Kepala Dusun Desa Karang-Karang, Muhammad Kaimudin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Yonif Raider 733/Masariku yang telah memilih daerahnya sebagai tempat latihan dan telah melaksanakan karya bakti penanaman pohon.

Banyak anak-anak dan pemuda-pemuda di dusun dan desa ini yang termotivasi untuk menjadi tentara setelah melihat latihan-latihan para Prajurit.

"Masyarakat Desa Karang-Karang sangat mendukung dan akan menjaga pohon-pohon yang ditanam, karena manfaatnya untuk kita semua dan anak cucu kita nantinya," kata Kaimudin.

"Semoga TNI semakin berjaya. Saya berterima kasih karena para Prajurit tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga lingkungan. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan karena banyak manfaatnya bagi masyarakat," tambahnya. 

Pewarta : Jimmy Ayal
Editor :
Copyright © ANTARA 2024