Sungguminasa (Antara Sulsel) - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Priska Paramita Adnan mengajak warga setempat untuk periksa dini kanker.

"Ayo ibu-ibu, perempuan memiliki resiko besar terkena kanker disebabkan perubahan pola hidup saat ini. Untuk kanker payudara kita dapat memeriksa diri sendiri apakah ada benyolan di payudara, bila ada segera periksakan diri ke dokter," kata Priska pada peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia di Puskesmas Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa.

Selain kanker payudara, kata Priska, perempuan juga rentan dengan kanker mulut rahim, sehingga PKK Kabupaten Gowa mengadakan pemerikasaan deteksi dini kanker mulut rahim melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA)

" Tes dengan cara ini memiliki kelebihan karena kesederhanaan teknik dan kemampuan memberikan hasil yang segera kepada pasien," tambah istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Tim PKK Kabupaten Gowa pada peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gowa, Puskesmas Somba Opu dan BPJS mengajak masyarakat untuk periksa dini kanker.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr. Hasanuddin menjelaskan pemeriksaan IVA dapat dilaksanakan di Puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan di kabupaten tersebut.

"Puskesmas di Gowa menerima pemeriksaan IVA, bahkan yang dulunya cuma enam puskesmas sekarang sudah dikembangkan menjadi 24 puskesmas," jelasnya.

Bersamaan dengan peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia juga dilakukan penerimaan tim penilai puskesmas peduli kesehatan olahraga tingkat  Sulsel.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa Kawaidah Alham dan Camat Somba Opu Zubair Usman.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024