Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar, Sulawesi Selatan, menebar 40 ribu bibit ikan mas (restocking) di sejumlah perairan seperti di kawasan danau Balang Tonjong, Kecamatan Manggala.

"Restocking sudah kami lakukan di beberapa perairan dan sungai dan hari ini pula kita kembali melakukan restocking," ujar Kepala DP2 Makassar Abdul Rahman Bando di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan penebaran bibit ikan ini dilaksanakan bersama masyarakat dan kelompok budi daya ikan di sekitar lokasi penebaran di danau Balang tonjong Antang itu.

Disebutkannya, penebaran bibit ikan merupakan upaya penambahan populasi ikan pada perairan umum terkontrol seperti danau, waduk yang mengalami krisis populasi.

"Kita ketahui dibeberapa perairan itu, habitat binatang lautnya terus berkurang. Makanya, kita programkan restocking ikan agar memperkaya sumber daya ikan kita," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan Pertanian kota Makassar Zanty Susilawaty menghimbau masyarakat untuk menangkap ikan secara ramah lingkungan.

Warga diminta untuk menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan, seperti pancing dan jaring. Selain itu, warga dilarang menggunakan zat kimia dan listrik kejut untuk menangkap ikan.

Menurut dia, jika penebaran ikan ini berhasil dan bertumbuh kembang, maka warga setempat yang juga menggantungkan hidupnya pada sektor perikanan bisa mengambil manfaat itu.

"Ikan mas salah satu ikan yang banyak disukai oleh warga dan harganya relatif standar. Yang murah itu ikan nila dan ini juga sudah kita lakukan di tempat lain," ucapnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024