Kendari (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengajak para petani setempat untuk pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif.

"Dalam setiap kesempatan kami selalu ingatkan warga agar tidak ada lahan yang dibiarkan tidur," kata Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah, di Kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, Konawe Kepulauan adalah daerah subur sehingga cocok ditanami jenis tanaman apa saja terutama yang bernilai ekonomis tinggi.

"Karena itu mari manfaatkan semua lahan untuk meningkatkan produksi pertanian seperti tanaman kelapa yang selama ini menjadi ciri khas Konawe Kepulauan," katanya.

Menurutnya, kelapa adalah tanaman khas di Konawe Kepulauan yang sudah dibudidaya oleh masyarakat selama ini dan menjadi penopang utama kehidupan ekonomi warga secara turun temurun.

Selain tanaman Kelapa kata Amrullah, tanaman bernilai ekonomis tinggi lainnya yang sudah dikembangkan di Konawe Kepulauan adalah Pala, Cengkeh, Lada, Jambu Mete dan Kakao.

"Jangan biarkan ada lahan yang menganggur, banyak tanaman ekonokis jangka pendek juga bisa dibudi daya seperti padi ladang, pisang dan jagung," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024