Makassar (Antara Sulsel) - Tim tarung derajat Sulawesi Selatan berbangga mampu keluar sebagai juara umum di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV di GOR Universitas Hasanuddin Makassar.

Tuan rumah Sulsel dipastikan menjadi yang terbaik dari cabang tarung derajat usai mengamankan lima medali emas, satu perak dan dua medali perunggu.

"Kita bersyukur bisa tampil sebagai yang terbaik. Ini merupakan kerja keras seluruh atlet," kata Pelatih Tarung Derajat Sulsel, Umar Sukmara di Makassar, Selasa.

Ia menjelaskan untuk raihan lima medali emas Sulsel masing-masing dipersembahkan Chaves Cristopher Dure (kelas pertarungan) serta empat kategori seni gerak beregu putra (Nasran, Muhlis dan Muh Fairul).

Selanjutnya medali emas seni gerak beregu putri (Gita Mawarni, Rini Asriani dan Yuyun Yuliani), kategori seni gerak campuran 4 orang (Gita Mawarni, Muhlis, Yuyun Yuliani dan Muh Fairul) serta kategori gerak tarung berpasangan 2 putra yang diperkuat Muh Fairul dan Nasran.

"Untuk seni gerak memang tampil begitu luar bisa dengan merebut empat medali emas. Kami berharap hasil ini semakin meningkatkan motivasi atlet untuk kejuaraan kedepan," ujarnya.

Ketua Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Sulsel, Munafri Arifuddin mengaku bangga karena cabor tradisional khas Indonesia tersebut dapat menunjukkan taringnya. Harapannya untuk para mahasiswa pun dapat diwujudkan dengan baik, meski tetap menjunjung tinggi keselamatan.

"Saya sangat bangga karena para atlet menunjukkan janjinya untuk memberikan yang terbaik bagi Sulsel. Hari ini kita sudah buktikan kemenangan, semoga kemenangan lain pun menyusul," ujarnya.

Sementara untuk peringkat kedua ditempati tim tarung derajat Jawa Tengah dengan perolehan empat medali emas, dua perak dan dua perunggu.

Selanjutnya posisi ketiga diraih Jawa Timur dengan menyabet dua medali emas, 3 perak dan 3 perunggu, serta DKI Jakarta (satu emas, dua perak, dua perunggu), Sumatera Barat (satu emas, satu perak dan empat perunggu.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024