Makassar (Antara Sulsel) - Rektor Universitas Negeri Makassar Prof Dr Husain Syam MTP mengatakan guru harus memiliki tiga kompetensi utama sehingga bisa menjadi panutan, dan menjalankan tugasnya secara profesional.

Seorang guru dikatakan profesional ketika memiliki kompetensi pembelajaran, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian, katanya di Makassar, Rabu.

"Tiga kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru profesional ketika mampu merencanakan dengan matang proses pembelajaran, sekaligus mampu menjadi panutan di lingkungan sosial tanpa mengabaikan sikap disiplin dan jujur sehingga bisa menjadi teladan bagi orang-orang disekelilingnya,"kata dia.

Ia menjelaskan, kegiatan orientasi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bersubsidi di Menara Pinisi UNM juga menjadi salah satu upaya untuk membuat guru bisa semakin prfesional.

Rektor berharap agar proses pelaksanaannya terus dikawal dengan baik agar bisa melahirkan guru yang profesional dibidangnya yang akan mencetak generasi unggul.

"Ikuti proses perkuliahan dengan sungguh-sungguh apalagi PPG ini disubsidi agar kalian bisa menjadi guru profesional yang akan melahirkan generasi emas untuk Indonesia yang lebih baik," jelasnya.

Direktur Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) Prof Dr Ramli Umar, MSi mengungkapkan sebanyak 77 calon guru mengikuti orientasi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bersubsidi yang direncananya digelar selama tiga hari kedepan.

Para peserta yang mengikuti orientasi ini berasal dari berbagai universitas yang telah menyandang gelar sarjana yang terdiri dari 4 program studi.

"Rinciannya, dari prodi penjaskesrek ada 21 orang, teknik kimia 27 orang, teknik penangkapan ikan 11 orang, dan teknik elektronika sebanyak 18 orang," ujarnya.

Dirinya juga menuturkan bahwa para calon guru ini akan mengikuti PPG selama satu tahun atau dua semester terhitung mulai 23 Oktober mendatang.

"Jadi, 23 Oktober nanti bakal dimulai perkuliahan awal. Orientasi hari ini juga sudah termasuk 4 SKS," tuturnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024