Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang mengajak santri untuk bersama-sama memerangi peredaran narkoba dan menolak untuk dikonsumsi apalagi coba-coba hingga nantinya menjadi pengguna.

"Dewasa ini peran santri dibutuhkan dalam memberantas narkoba di negeri kita ini, kekhawatiran pemerintah terhadap bahaya laten narkoba begitu tinggi dan kami menaruh harapan besar kepada seluruh santri bersama-sama memerangi bahaya narkoba," tegasnya di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Minggu.

Melalui siaran persnya diterima saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional, dipusatkan di Masjid Agung Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), tahun ini bertema `Santri Mandiri, Agus mengucapkan selamat atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel.

Menurutnya, ditetapkannya Hari Santri Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia, tentu ada pertimbangan khusus. Tetapi jauh sebelum kemerdekaan ini direbut, peran nyata santri dalam mempertahankan Kemerdekaan ini ditandai dengan resolusi jihad disampaikan Hadratusyekh KH Hasyim Asy`ari sebagai Rais Akbar Nahdlatul Ulama.

Tak hanya itu, dirinya mengajak seluruh santri untuk tetap meneladani para ulama, karena ulama itu adalah pewaris para Nabi.

Mantan Ketua DPRD Sulsel ini mengutarakan, tahun ini adalah tahun terakhir bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

"Dihadapan warga Sidrap, izinkan saya untuk mengabdi di Sulawesi Selatan, izinkan saya kedepan untuk memperbaiki Pesantren, izinkan saya untuk melanjutkan pembangunan," ucapnya.

Lanjutnya menambahkan, "Doakan saya, kami hanya ingin mengabdi untuk masyarakat, mengabdi untuk perbaikan pendidikan, pesantren. Insya Allah Sulsel lebih bagus," tambah Bakal Calon Gubernur Sulsel ini kepada hadirin untuk meminta restu dukungan.

Kegiatan ini diselenggarakan oKementerian Agama Kabupaten Sidrap kerja sama dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sidrap.

Pada kesempatan itu hadir Rais Syuriyah Pengurus Wilayah NU Sulsel, AGH M Sanusi Baco yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sulsel, Wakil Ketua NU Sulsel Arfah Shiddiq, Rektor UIM Majdah M Zain Arifin Nu`mang sekaligus Ketua Muslimat NU Sulsel.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024