Makassar (Antara Sulsel) - Partai Demokrat akhirnya memberikan surat tugas kepada pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) sebagai sinyal sarat usungan menghadapi Pilkada serentak Gubernur Sulsel 27 Juni 2018.

"Paling lambat kita serahkan tanggal 3 besok kepada kandidat," tutur Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni`matullah Arbe saat dikonfirmasi wartawan terkait pertemuan dengan pengurus DPP di Jakarta, Kamis.

Penyerahan secara resmi kata dia, akan dilaksanakan DPD Demokrat pada Jumat 3 November 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. Saat ditanyakan mengapa tidak diserahkan rekomendasi usungan kepada pasangan ini, Ulla disapa akrab ini mengatakan akan surat tugas bersifat sementara.

"Untuk SK rekomendasi usungan akan diberikan serentak kepada Bakal Calon Gubernur di beberapa daerah termasuk Sulsel dalam waktu dekat langsung diserahkan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono, surat tugas ini, kata dia, hanya bersifat sementara sampai dikeluarkannya SK.

Diketahui, Partai Demokrat Sulsel memiliki 11 kursi di DPRD Sulsel dan punya pengaruh terhadap bakal calon, sementara persyaratan KPU bagi kandidat yang ingin maju menjadi kontestan minimal memiliki 17 kursi di DPRD setempat.

Dalam penyerahan surat tugas itu oleh Sekertaris Jenderal DPP Demokrat di Jakarta, turut disaksikan sejumlah elit DPP Demokrat termasuk Andi Timo Pangeran politisi asal Sulsel, bahkan kedua kandidat ini ikut hadir dalam penyerahan dengan mengenakan baju biru sesuai warna dasar partai tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, IYL mengakui akan menerima surat tugas itu yang diserahkan pengurus DPD Demokrat Sulsel, selajutnya dijadikan pegangan sebelum SK usungan tersebut diserahkan resmi. Dirinya juga menegaskan pasangan IYL-Cakka tidak ada masalah dengan syarat dukungan dari KPU Sulsel.

"Saya dengan pak Cakka juga hadir kemarin menyaksikan saat penyerahan surat tugas itu diserahkan pak Sekjen Demokrat. Insya Allah, penyerahan secara resmi akan diserahkan kepada kami di Makassar," katanya dikonfirmasi wartawan.

Sedangkan untuk rekomendasi resmi dalam bentuk SK usungan, dirinya bersama Cakka akan diundang kembali ke DPP dalam waktu dekat dan diserahkan langsung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Bila nantinya Keputusan Partai Demokrat memastikan mendukung pasangan IYL-Cakka, maka akan ada tiga bakal calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel akan bertarung pada Pilkada Serentak nanti, masin masing Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar, Nurdin Abdullah Andi Sudirman Sulaiman dan Ichasn Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

Meski demikian, pasangan ini telah mendapat surat tugas, tetapi sebelumnya tidak mengikuti sejumlah tahapan penjaringan salah satunya simposium digelar Deks Pilkada Demokrat Sulsel belum lama ini, namun tidak menyurutkan niatan DPP memberikan sinyal kuat kepada keduanya.

Padahal pemberian surat tugas tersebut, bertentangan dengan realita yang ada, sebab pengurus DPD Demokrat Sulsel telah berkomitmen bagi bakal calon tidak ikut seleksi penjaringan maka namanya akan dicoret dari seleksi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024