Gorontalo (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango berharap sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah itu bisa meraih nilai akreditasi memuaskan (utama), bahkan nilai paripurna (terbaik).

Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango Meyrin Kadir mmengatakan ada enam Puskesmas yang mengikuti penilaian akreditasi, di antaranya Puskesmas Tilongkabila, Puskesmas Tapa, Puskesmas Bone, Puskesmas Botupingge, Puskesmas Kabila, dan Puskesmas Toto.

"Untuk penilaian akreditasi Puskesmas Tilongkabila sudah dilaksanakan pada Agustus 2017. Diharapkan mutu atau sumber daya manusia (SDM) pengelolah Puskesmas juga bisa optimal," katanya, Senin.

Selain penilaian akreditasi di Tilongkabila, juga ada penilaian di Puskesmas Tapa dan Puskesmas Bone pada Oktober 2017. Sementara untuk Puskesmas Kabila, Botupingge dijadwalkan 6-11 November 2017 dan Puskesmas Toto menunggu jadwal survei.

Dalam penilaian akreditasi ini, banyak persiapan yang telah dilakukan Dinkes Bone Bolango dan juga puskesmas-puskesmas yang diakreditasi, terutama menyiapkan SDM, sarana dan prasarananya serta kelengkapan dokumen-dokumen penunjang.

Meyrin menambahkan untuk penilaian akreditasi puskesmas ini, langsung dilaksanakan tim Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dengan kriteria yang dinilai meliputi Administrasi dan Manajemen Puskesmas, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dengan 776 elemen penilaian sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015.

Sebelumnya Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan pihaknya selalu mengedepankan fungsi utama Puskesmas, sebagai garda terdepan pada pelayanan kesehatan masyarakat.

Pemkab terus membenahi semua puskesmas tersebar di daerah itu, agar kualitas pelayanan meningkat serta masyarakat turut terlayani dengan baik.

Pewarta : Susanti Sako
Editor :
Copyright © ANTARA 2024