Sidrap, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun ini harus mengeluarkan uang berkisar Rp27 juta hingga Rp35 juta untuk biaya perjalanan haji.

Kepala Sub Tata Usaha Departemen Agama (Depag), Sidrap, Dr H Kaharuddin melalui Kasi Haji dan Umrah saat ditemui di Sidrap Senin, menyebutkan bahwa biaya CJH tahun ini bervariasi disebabkan nilai tukar dollar yang berbeda saat CJH melakukan pelunasan.

" Saat ini biaya Calon Jamaah Haji dalam dollar itu berkisar, US 3575,"jelas Staf Urusan Haji Depag Sidrap, Hj Suarni Ali SAg.

Biaya CJH tersebut diperuntukkan untuk biaya transpor, penerbangan Arab Saudi, biaya pemondokan dan kegiatan di Arafah dan Mina.

Saat ini kata Suarni sebanyak 235 CJH asal Sidrap siap ke Arab Saudi pada 15 November mendatang. Selain 235 CJH dari Sidrap juga ditambah 3 orang tim tenaga kesehatan (TKHI) dan seorang tenaga pembimbing ibadah haji daerah (TPIHD).

Sesuai jadwal akan dimulai diasramakan 15 November mendatang di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulsel, dan keesokan harinya, 16 November seluruh CJH Sidrap diterbangkan ke Jeddah.

Disebutkan untuk musim haji tahun ini, CJH asal Sidrap tergabung satu kloter dengan CJH asal Makassar dan Selayar, Sulsel.

" Dua orang CJH asal Makassar dan 110 CJH asal Selayar itu akan bergabung dan berangkat bersama dengan CJH Sidrap," ungkap Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Drs H Abu Bakar Deni.

Abu Bakar Deni menyebtukan bahwa jadwal pemulangan diperkirakan akan berlangsung pada 27 Desember mendatang.

(.PSO-098/S016)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024