Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar memperkenalkan Liga Futsal yang pertandingannya dihelat di atas laut dan diklaim sebagai yang pertama pelaksanaannya di dunia.

"Ini adalah liga futsal yang pertama kalinya digelar di dunia di mana tempat pertandingannya di atas laut," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto usai membuka liga futsal di City of Makassar, Sabtu.

Dalam liga futsal itu, sebanyak 100 tim bakal memperebutkan piala Makassar Futsal League Danny Pomanto Champions yang diadakan, 2 Desember 2017-25 Juni 2018 di Stadium Futsal Terapung Anjungan Losari, mulai pukul 15.00 Wita - 23.00 Wita.

Wali kota mengakui jika kompetisi futsal yang diselenggarakannya itu memang baru pertama kali diadakan di Indonesia. Apa lagi, bertempat di atas laut.

"Kita mau perkenalkan kepada masyarakat, bahwa olahraga futsal bisa juga dimainkan di atas laut dan akan menjadi tontonan kelak," jelasnya.

Danny mengaku untuk liga futsal perdana ini, anggarannya menggunakan dana pribadinya tanpa harus mengambil anggaran dari SKPD terkait.

"Anggaranya menggunakan uang pribadi saya. Bukan uang negara. Karena bukti kecintaan saya pada olahraga ini. Apalagi saya juga senang dengan laut karena atraksi Kota Makassar sebagai percontohan Water Front. Kedepannya, saya akan benahi lagi Stadium Futsal Terapung Anjungan Losari. Tahun depan kita sudah anggarkan satu lapangan terapung lagi," tambah Danny.

Pada liga futsal terapung ini, pertandingan akan digelar tiga hari dalam sepekan yakni pada setiap Jumat, Sabtu dan Minggu, mulai 2 Desember 2017-25 Juni 2018.

Adapun hadiahnya yakni, sejumlah uang pembinaan yang nilai totalnya sebesar Rp50 juta ditambah piagam. Sedangkan sistem aturan kompetisi tetap menggunakan play off masuk liga yang dibagi dalam dua wilayah.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024