Makassar (Antara Sulbar) - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan secara simbolis hasil-hasil pembangunan tahun 2017 dalam rangkaiani Gerakan 1000 (G1000) Kebaikan Sektor ESDM di Makassar, Senin.

"Beberapa hasil pembangunan yang kita lakukan adalah biogas 367 unit, pembangunan sumur bor 21 unit, PLTMH di daerah pegunungan untuk 1369 Kepala Keluarga (KK), PLTS terpusat untuk 361 KK, dan pembangunan biogas yang dimanfaatkan 2500 KK," kata Kepala Dinas ESDM Sulsel Gunawan Palaguna pada pembukaan kegiatan Gerakan 1000 (G1000) Kebaikan Sektor ESDM tersebut.

Selain itu, kata dia, pihaknya bersama PT Pertamina MOR VII telah memfasilitasi penukaran tabung LPG 3 kg menjadi Bright Gas 5,5 kg.

"Ada 100 unit yang kita tukar secara gratis," imbuhnya.

Pihaknya juga menyosialisasikan Seruan Gubernur No. 541/7472/DESDM tentang Larangan Penggunaan LPG Tabung Ukuran 3 kg.

"Ini sebagai sosialisasi bagi masyarakat golongan mampu agar tidak menggunakan gas LPG tiga kilogram bersubsidi hanya khusus untuk masyarakat miskin," kata dia.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang membuka kegiatan tersebut secara resmi mengatakan Indonesia sebagai negara berkembang mengalami translasi atau pemindahan semua titik di dalam bidang tertentu pada bidang kyebijakan energi.

Hal ini, kata dia, sebagai implikasi dari perkembangan ekonomi lokal dan global terhadap kondisi geografis Indonesia menuju peradaban yang lebih baik.?

"Dalam hal ini, Sulawesi Selatan memposisikan diri sebagai bagian dari sentral Indonesia mengembangkan visi untuk menjadi pilar utama pembangunan nasional dan simpul jejaring akselarasi kesejahteraan," kata Syahrul.

Pada kegiatan gerakan 1000 kebaikan ESDM ini,? Syahrul mengharapkan pemerintah yang hadir dengan tugas berbeda melalui gerakan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.?

"Walaupun cuma seribu lebih, ini menjadi ukuran dan bukti pemerintah hadir,? ada yang dirasakan oleh masyarakat, dan muaranya Sulsel adalah provinsi terbaik di Indonesia," sebut Syahrul .

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024