Mamuju (Antara Sulbar) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Angraeni Anwar meminta agar media yang ada di Provinsi Sulawesi Barat berjalan diatas kebenaran dalam melaksanakan tugas dan fungsinya memberikan informasi.

"Sesuai slogan Provinsi Sulbar, yakni `Millete diatoangan` maka media harus berjalan diatas kebenaran sesuai dengan arti slogan itu dan menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang sebenarnya untuk kepentingan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Enny Angraeni Anwar di Mamuju, pada acara pelantikan pengurus ikatan jurnalis Sulbar (IJS) di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, media mesti memaksimalkan fungsinya juga dalam melakukan kontrol sosial karena sangat dibutuhkan menjalankan roda pemerintahan.

"Kontrol atas pembangunan sangat penting untuk lebih menyempurnakan arah pembangunan agar berjalan dengan baik dan benar dan tentu peran media mesti dijalankan dengan menjunjung tinggi kode etik dan undang undang pers," katanya.

Ia berharap agar IJS Provinsi Sulbar dapat mengemban amanah dan menjadikan IJS sebagai organisasi profesional dan melahirkan jurnalis yang profesional pula.

"Tingkatkan pengetahunan jurnalis bersinergi pemerintah aparat keamanan sehingga tercipta stabilitas menjalankan roda pemerintahan menjadikan organisasi maju dan pesat dan berjuanglah dengan penuh keseriusan," katanya.

Ia juga berharap agar semua pihak dapat menerima kehadiran media dan tidak bersikap antikritik karena kemerdekaan menyampaikan pendapat sangat penting dalam bernegara zaman sekarang ini.

Mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh yang juga ketua dewan pembina IJS Provinsi Sulbar mengakui jika peran media sangat penting dewasa ini karena informasi dapat menyebar secara cepat dan diketahui semua pihak.

"Karena media dalam waktu hitungan detik maka informasi yang ada di Sulbar sudah sampai ke istana negara begitu pentinnya peran media, sehingga media mesti terus mengkontribusi pembangunan," kata Anwar yang juga suami wakil Gubernur Sulbar," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024