Makassar (Antaranews Sulsel) - Tuan rumah Kota Makassar berhasil meloloskan atletnya di 10 nomor Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 usai tampil menjanjikan pada babak kualifikasi porda cabang renang hari pertama di Kolam Renang Universitas Hasanuddin Makassar, Sulsel, Jumat.

10 nomor yang telah diamankan tim renang Kota Makassar itu masing masing dari gaya bebas putra 1.500 meter (Muh Sammy Aditia), gaya bebas putri 1.500 (Nurul Fatimah Rahman), gaya dada putra Eko Muh Syahputra serta Muh Firan Ajis.

"Selanjutnya gaya punggung putra 100 meter (Muh Adam Syawal), gaya punggung putri 100 eter (St Irmayanti), 100 meter gaya dada putra (Eko Syahputra), gaya bebas pitra 50 meter (Muh Adam Syawal), estafet gaya bebas campuran 4X50 meter, estafet gaya bebas putra 4X100 meter dan estafet gaya bebas putri 4x100 meter," kata Delegasi teknik pra-porda 2017, Nadwi Syam usai pertandingan.

Ia menjelaskan, kontingen kota Makassar tentunya masih berpeluang besar menambah tiket Porda 2018 karena masih tampil disejumlah nomor atau kategori pertandingan.

Apalagi agenda babak kualifikasi masih memiliki waktu dua hari kedepan dan tentu akan membuka peluang tim renang kota Makassar memperbanyak atlet lolos ke ajang olahraga terbesar se-Sulsel tersebut.

"Masih ada dua hari pelaksanaan dan kategori yang diperlombakan juga masih begitu banyak. Artinya peluang setiap daerah khususnya tuan rumah Makassar tentu begitu besar untuk bisa mendapatkan tiket tampil di Porda 2018," jelasnya.

Pelaksanaan pra-porda, 22-24 Desember 2017 ini diikuti oleh ratusan perenang terbaik dari setiap daerah di Sulsel.

Pengurus PRSI Sulsel, Andre Santosa, mengatakan ratusan atlet itu akan tampil disejumlah kategori dan nomor pertandingan seperti gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada dan sebagainya.

"Seluruh atlet dari 18 kabupaten/kota akan saling mengalahkan untuk berebut tiket tampil di Porda 2018 di Kabupaten Pinrang," ujarnya.

Adapun atlet tersebut berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Bantaeng termasuk Kabupaten Sinjai.

Ia menjelaskan, kolam renang di Unhas memang layak untuk menjadi venu pertandingan. Apalagi kolam renang tersebut juga lebih dulu menjadi venue pada pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2017.

Pihaknya sekaligus berharap seluruh atlet bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya jika ingin berlaga di Porda 2018. Apalagi ini juga menjadi momentum untuk bisa terpilih mewakili Sulse pada kejuaraan nasional kedepan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024