Mamuju (Antaranews Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian dan membuktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan dan ketenteraman.

"Saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama serta semua komponen umat beragama agar bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian," kata Enny saat menyampaikan sambutan Menteri Agama pada upacara peringatan ke-72 Hari Amal Bakti Kementerian Agama di Mamuju, Rabu

Wagub juga meyakinkan mereka bahwa panggilan tugas melayani masyarakat sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing, hakikatnya adalah pengejawantahan dan manifestasi dari panggilan Tuhan.

"Sebagai hamba Tuhan dan aparatur negara, kita semua menyadari bahwa panggilan terbesar tentu adalah panggilan Tuhan," kata Enny.

Mantan anggota DPR RI itu menegaskan, penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat, sehingga manfaatnya terasa optimal.

"Bekerja untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat," ujarnya.
Sekprov Sulawesi Barat, Ismail Zainuddin bersama Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggreny Anwar menyerahkan bantuan bibit tanaman / pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2017 yang berlangsung di Kampus Tomakaka, Mamuju, Rabu 20 Desember 2017. (FOTO/Humas Pemprov Sulbar)
Ia menambahkan, pada masa kekinian tugas itu semakin berat tantangannya, sebab zaman yang cepat berubah, apalagi berada dalam lingkup masyarakat lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital.

"Kita harus giat berinovasi agar lembaga kita terasa kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang," katanya.

"Olehnya itu diharapkan harap tahun ini semua layanan di berbagai wilayah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi e-government," kata Enny.

Terkait tema yang di usung pada peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama kali ini, yaitu "Tebarkan Bedamaian", mantan Ketua TP PKK Sulbar itu menyebutkan, tema itu sengaja dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyamai kebaikan dan menebar kedamaian.

"Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada ummat manusia dan kedamaian juga akan membawa kebahagiaan serta jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan," kata Enny

Wagub menambahkan, mengiringi usianya yang ke-72 tahun, Kementerian Agama sukses menorehkan sejumlah prestasi, diantaranya di bidang tata kelola mendapat opini dari BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi.

Di bidang pelayanan haji indeks kepuasan jamaah haji terus meningkat, indeks kerukunan beragama berada dalam angka positif, pelayanan nikah di KUA, kenaikan standar mutu pendidikan agama dan keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi.

Selain itu tambahnya, Kementerian Agama juga dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada momen itu, Wakil Gubernur berpesan agar seluruh jajaran Kementerian Agama bisa memaknai bekerja sebagai ibadah, serta menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan.

Disela-sela pelaksanaan upacara, Wakil Gubernur Sulbar melakukan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada puluhan ASN lingkup Kementrian Agama dengan masa bakti 10-30 tahun.

Kepala Kawil Kementerian Agama Sulbar, Muhdin menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak, khususnya pemerintah provinsi dan Kabupaten Mamuju atas kerjasamanya sehingga misi Kementerian Agama yaitu terwujudnya masyarakat Sulbar yang taat beragama, cerdas dan sejahtera lahir dan batin serta seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat terlaksana.

"Tentu kegiatan ini tidak dapat terlaksana tanpa bantuan Pemerintah Provinsi Sulbar dan Kabupaten Mamuju serta seluruh komponen masyarakat," katanya.
Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan uUstad KH Das`ad Latif sebagai penyampai hikmah maulid.

Hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Mamuju Irwan Pababari, Kakanwil Kemenag Sulbar Muhdin, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Agama se-Sulbar, Darma Wanita Persatuan Kemenag Sulbar, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024