Makassar (Antaranews Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menyeberangi Pulau Barang Lompo, Kota Makassar, dalam rangka melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilwali dan Pilgub Sulsel pada 27 Juni 2018.

Divisi Parmas dan SDM KPU Kota Makassar Andi Shaifuddin di Makassar, Minggu, mengatakan Pulau Barang Lompo merupakan satu dari tiga pulau yang berada di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Makassar.

"Kami bersama dengan staf KPU, Kapolsek Ujung Tanah dan Danramil menuju pulau Barang Lompo dan tiba 09.50 Wita dengan sambutan masyarakat, PPK dan PPS yang hangat dan begitu ramah seperti masyarakat desa lainnya,"katanya.

KPU Kota Makassar memang punya program ke PPK untuk Sosialisasi tahapan tindaklanjut ke Kecamatan dan PPS di Kelurahan untuk memastikan jangan ada lagi masyarakat yang tidak mengetahui atau tidak mendapatkan informasi terkait pilkada serentak 27 Juni 2018.

Ia menjelaskan, agenda sosialisasi ini sekaligus dirangkaikan dgn Agenda Coklik serentak pendataan pemilih yg melibatkan seluruh penyelenggara KPU, PPK, PPS, dan PPDP seluruh daerah yg berpilkada serentak Juni 2018.

"Kecamatan Kepulauan Sangkrrang itu terdiri dari tiga Kelurahan masing-masing Barang lompo, Barang Caddi dan Kodingareng dengan memiliki sebanyak 22 TPS," ujarnya.

KPU Makassar juga telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) bersama organisasi kepemudaan di kota itu untuk lebih meninkatkan partisipasi pemilih pada Pilwali 2018.

Penandatangan nota kesepahaman itu merupakan rangkaian dari Diskusi Terfokus untuk Peningkatan pertisipasi pemilih bersama Ormas dan OKP Kepemudaan di aula KPU Makassar.

Adapun organisasi kepemudaan yang hadir dalam kegiatan itu seperti pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiah, Gerakan Muda Indonesia Tionghoa, Fatayat NU, Himpunan Mahasiswa Makassar, Gerakan Difabel untuk Kesetaraan, Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD), dan PMII.

"Kegiatan ini menjadi begitu strategis di tengah kesibukan KPU menjalani tahapan pilkada serentak dgn SDM dan waktu yang terbatas, tentu melibatkan kelompok masyarakat akan sangat membantu," sebut dia.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024