Pelembang (Antaranews Sulsel ) - Asisten III Bidang Administrasi Setda Pemkot Palembang Agus Kelana mengatakan, pembukaan rute baru Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia , Tbk ( Persero ) akan meningkatkan jumlah kunjungan ke Sumatera Selatan (Sumsel).

"Dibukanya rute baru Makassar-Palembang PP ini, kami optimistis jumlah kunjungan di Sumsel akan meningkat," kata Agus disela-sela peresmian rute baru Garuda Indonesia tersebut di Palembang, Sumsel, Rabu malam.

Menurut dia, pembukaan rute baru Makassar-Palembang PP ini akan menarik pengunjung yang tidak hanya dari Sulawesi Selatan (Sulsel), tetapi juga dari daerah lainnya di Kawasan Timur Indonesia.

Apalagi, lanjut dia, pada Agustus 2018 Palembang mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan even olahraga skala internasional,ASEAN Games selain Jakarta sebagai tuan rumah.

"Karena itu, kami optimistis jumlah kunjungan yang meningkat itu juga akan berdampak pada ocupansi hotel di Palembang dan daerah sekitarnya," katanya.

Selain itu, juga akan berdampak pada tingkat kunjungan wisata di Sumatera Selatan, baik ingin menikmati panorama objek wisatanya, termasuk wisata kuliner.

Sementara itu, Vice President Domestik Wilayah Barat PT Garuda Indonesia, Tbk. Dian Endianto mengatakan, pembukaan rute baru Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia dari Makassar ke Palembang melayani penumpang empat kali seminggu memberikan dampak positif khususnya ekonomi.

"Ekonomi di Sumsel dan Sulsel akan semakin bertumbuh, begitu pula dengan sektor wisatanya, tentu akan semakin berkembang," ujarnya.

Hal itu dibenarkan salah seorang penumpang yang juga Ketua Kerukunan Keluarga Sulsel di Sumsel, H Gofar Pasolong.

Menurut dia, masyarakat Sulsel yang banyak berdomisili di Sumsel umumnya hidup dari sektor perkebunan dan hasil laut.

"Dibukanya akses Makassar-Palembang ini, maka hubungan bisnis akan berkembang antardua provinsi," katanya sembari mengimbuhkan, apalagi pedagang asal Bugis Makassar baik yang bermukim di Sulsel, maupun yang di Sumsel sangat tinggi mobilitasnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024