Makassar (Antaranews Sulsel) - Pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Makassar bersama sejumlah pihak siap menggelar kejuaraan Barongsai Celebes Open di Makassar, 17-18 Maret 2018.

Ketua FOBI Makassar, Yonggris Lao di Makassar, Selasa, mengatakan Kejuaraan Barongsai Celebes Open pada pelaksanaan tahun ini terbagi atas empat kategori perlombaan, yaitu Kategori Tonggak, Kategori Tradisional, Kategori Kecepatan dan Kategori Halang Rintang.

"Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara management Mall GTC Makassar dan Federasi Olah Raga Barongsai (FOBI) serta didukung sepenuhnya oleh KONI, KOI dan Pemerintah Kota Makassar," katanya.

Kejuaraan ini sendiri rencananya diikuti sejumlah tim dari berbagai kota di Indonesai antara lain Kong Ha Hong dari Jakarta, Lion Wong (Jakarta), Lima Bakti (Surabaya Shaolin shenlong (Bali), Hong de (Banjarmasin), Psmti (Tarakan).

Selanjutnya tim Daya bersama (Makassar), Xian ma (Makassar), San Guo (Makassar), Etdt (Makassar), SD samiun (Makassar), Naga Langit (Makassar), Yaoling Fa (Makassar) Ryonosuke (Makassar) Dewa Ruci (Makassar), dan masih banyak lagi tim-tim yang akan bersaing memperebutkan Piala dan uang tunai Total puluhan juta rupiah.

Kejuaraan ini juga tujuan untuk melestarikan budaya Tionghoa dan memeperkenalkan kepada masyarakat tentang keberagaman budaya dan etnis yang ada di Indonesia dan memperkuat persatuan antar etnis yang ada di Indonsia, serta mencari atlet berbakat untuk perlombaan barongsai di arena Internasional.

Untuk acara pembukaan, rencananya akan dibuka secara langsung oleh Plt Wali Kota Makassar Syamsu Rizal yang akrab disapa daeng Ical.

Selain itu, dalam pembukaan kejuaraan ini pula, para penonton pengunjung Mall GTC Makassar akan dihibur oleh penampilan khusus Tari Barongsai dari Xian Ma Makassar.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024