Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Pendidikan Kota Makassar mematangkan persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Makassar Mukhtar Tahir, Selasa, mengatakan, pelaksanaan UNBK SMP tahun 2018 ini akan dimaksimalkan dengan menambah jumlah sekolah yang menggelarnya dengan menggunakan sistem komputer.

"Jauh-jauh hari kita sudah lakukan semua persiapannya, pertemuan dengan para kepala sekolah, unsur pendukung seperti PLN dan lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018 ini akan diikuti oleh 253 sekolah di mana 45 diantaranya adalah SMP Negeri, 159 SMP swasta dan 49 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Bukan cuma melakukan pertemuan dengan para kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya, pihaknya juga mempersiapkan siswa-siswanya untuk bisa menghadapi UNBK ini tanpa harus kaget dengan situasi tersebut.

Disdik Makassar juga telah menggelar simulasi UNBK di seluruh sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun ini. Seperti di SMPN 6 Makassar yang telah menyelenggarakan simulasi pada 27 dan 28 Februari lalu.

Mukhtar Tahir menambahkan koordinasi dengan PLN dan Telkom yang menyuplai listrik dan jaringan telah dilakukan bersama DPRD Makassar untuk mengantisipasi gangguan listrik dan jaringan saat pelaksanaan UNBK.

UNBK 2018 tingkat SMP sederajat akan diselenggarakan 23 hingga 26 April 2018. Kemudian ujian susulan akan dilaksanakan 8 dan 9 Mei 2018.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024