KPU : Perbaikan berkas bacaleg sampai akhir Juli

id bacaleg,parpol,perbaikan berkas bacaleg,pemilu 2019,kpu sulsel,komisioner KPU Sulsel fatmawati

Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati (kedua kiri) didampingi Syarifuddin Jurdi (kiri), menerima berkas pendaftaran dari pengurus DPD I PKS Sulsel di Kantor KPU Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa (17/7). ANTARA FOTO/Darwin Fatir/18.

Makassar (Antaranews Sulsel) - KPU Provinsi Sulawesi Selatan memberikan batas akhir sampai 31 Juli 2018 untuk perbaikan berkas bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2019.

"Saat ini kami sedang memverifikasi berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg), selanjutnya diserahkan hasilnya kepada parpol bersangkutan untuk diperbaiki kekurangannya, batasnya hingga akhir Juli," kata komisioner KPU Sulsel, Fatmawati di Makassar, Rabu.

Berdasarkan tahapan, KPU melakukan verifikasi berkas bacaleg hingga 18 Juli, selanjutnya 19-21 Juli hasilnya diserahkan ke parpol untuk dilakukan perbaikan.

Hal ini mengingat ada beberapa parpol yang belum rampung berkasnya dimasukkan dalam pendaftaran melalui daring (online) atau Sistem Informasi Pencalonan (Silon) 2019.

"Semua parpol sudah mendaftarkan partai dan bacalegnya, tetapi masih ada kekurangan seperti tidak memasang foto, pengaturan penempatan perempuan antara laki-laki di daerah pemilihan. Malam tadi di akhir masa pendaftaran, Partai Berkarya dan Hanura berkasnya masih perlu diperbaiki," kata mantan Komisioner Bawaslu Sulsel itu.

Parpol yang sudah memasukan dokumennya adalah Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai NasDem,? Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Partai Bulan Bintang (PBB) Partai Amanat Nasional (PAN).

Selanjutnya, Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Garuda, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya.

"Kami berharap seluruh parpol segera melengkapi kekurangan yang masih ada, termasuk memasukkan bacalegnya ke dalam Silon untuk diverifikasi. Bilamana batas waktu yang ditentukan, parpol tidak melengkapi berkas, sesuai aturan akan dicoret karena tidak memenuhi aturan," katanya.

Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, verifikasi kelengkapan administrasi bacaleg berakhir 18 Juli 2018.

Untuk tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti dimulai 22-31 Juli, dan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon 1-7 Agustus 2018.

Sedangkan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) dimulai pada 8-12 Agustus, pengumuman DCS dan persentase keterwakilan perempuan 12-14 Agustus, masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS 12-21 Agustus.

Selanjutnya, permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS 22-28 Agustus, dan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) pada 21-23 September 2018.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar