Mendikbud dorong pemuda jadikan Indonesia negara adikuasa

id Antara Sulsel

Mendikbud dorong pemuda jadikan Indonesia negara adikuasa

Makassar (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak dan mendorong pemuda selaku kaum milenial untuk ikut berperan dan membawa Indonesia menjadi negara adikuasa yang dipandang dunia internasional.

Ia mengatakan itu dihadapan anggota Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Selatan di Makassar, Senin.

"Saya yakin suatu saat Indonesia bisa jadi negara adikuasa seperti Amerika," ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, tambah dia tentu butuh perjuangan keras dan komitmen teguh seluruh bangsa khususnya kaum milenial dengan memiliki beberapa keunggulan dan potensi.

Diantaranya perkuat nasionalisme, integritas, kemandirian dan semangat gotong royong.

Serta harus memiliki kemampuan berfikir kritis, kreativitas, keterampilan berkomunikasi, kerjasama, pintar menulis, dan rasa percaya diri bahwa kota memiliki potensi yang bisa diandalkan.

"Khusus untuk komunikasi, jangan sampai tidak kuasai bahasa internasional paling tidak bahasa Inggris. kelemahan kita memang umumnya bahasa Inggris. Kita juga harus punya rasa percaya diri bahwa kita juga mampu untuk berbuat yang terbaik," jelasnya.

Terlihat perkembangan dunia saat ini, kata dia Amerika Serikat sejak 200 tahun menjadi negara adidaya.Namun sekarang ini terlihat mulai meredup dengan bangkitnya China.

"Kita tidak tahu apakah China bisa bangkit, visi Indonesia jika bisa menjaga keutuhan dengan sungguh sungguh, tidak terjadi perpecahan maka generasi minelial akan mampu berbuah hal yang besar kedepan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar