Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan dan Universitas Hasanuddin melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia.

Penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dilakukan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan Imran Jausi MPd dan Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Senin.

"Kepakaran yang dimiliki oleh Unhas ini dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah, khususnya oleh BPSDM. Kita siap untuk melakukan transfer ilmu dan pengetahuan, sebagai bentuk kontribusi Unhas bagi pembangunan daerah,? kata Kepala Pusdiklat Unhas Prof drg Hasanuddin Tahir MS.

Melalui kerja sama itu, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Universitas Hasanuddin akan menjadi lembaga yang mengembangkan dan melatih tenaga SDM di berbagai instansi dan lembaga pemerintahan daerah di lingkup provinsi, kabupaten dan kota.

Ia menjelaskan, Unhas memiliki banyak ahli dan pakar di berbagai bidang.

Ada semua ahlinya di sini (Unhas). Misalnya, cara memanen buah mangga, ada ahli pohon mangga di sini. ?Keuangan, manajemen ada ahlinya. Apa pun itu. Dulu semua itu personal, sekarang mau diorganisir oleh Unhas melalui Pusdiklat,"lanjut Prof. Hasanuddin.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menyambut baik model kerja sama ini. Sebagai pimpinan universitas dia mendukung penuh peran Unhas di tengah masyarakat dan pemerintah, sehingga keberadaannya dapat terus ?berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan daerah setempat.

Unhas kini telah sampai pada tahap kematangan, yang sudah dapat menghasilkan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, bangsa dan negara," ujarnya.

Maka kerja sama seperti ini menjadi model pengabdian Unhas bagi pembangunan daerah. Inilah komitmen yang kita sebut communiversity, yaitu universitas yang berkembang bersama masyarakat. Itulah Unhas," lanjut Dia.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024