Makassar (Antaranews Sulssl) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mempromosikan kopi Toraja pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Indonesia (APPSI) di Sumatera Barat, 21-23 Februari 2019.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan bahwa Pemprov Sulsel menggelontorkan dana puluhan milliar rupiah pada 2019 untuk mendukunga pembangunan akses Bandara International Toraja.

"Semua di forum APPSI sudah mengenal Kopi Toraja dan Wisata Toraja, bahkan di dunia. Tapi, kami ada masalah dalam hal akses, fasilitas dan bandara. Saya bersama Gubernur fokus membangun wisata Toraja," katanya saat membawakan materi di depan seluruh peserta.

Harapan Pemprov Sulawesi Selatan yakni menjadikan Toraja punya bandara wisata internasional.

Menurutnya, perencanaan program yang bisa mengembangkan produk unggulan di Sulsel menjadi prioritas.

Andi Sudirman menambahkan, pemerintahannya bersama Gubernur Nurdin Abdullah tengah memprioritaskan program pembangunan irigasi dan infrastruktur jalan untuk daerah serta untuk daerah terisolir.

"Kalau dalam waktu lima tahun, fokus banyak program itu susah. Makanya, kami buat program prioritas. Kalau itu berhasil, produk unggulan di Sulsel seperti kopi dan kakao bisa dikembangkan," jelasnya.

Tidak hanya itu, adik Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ini juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Sulsel telah mengucurkan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk bantuan keuangan daerah untuk mengurangi kesenjangan sosial di satu daerah.

"Infrastruktur jalan, kami akan sinkronkan anggaran daerah dengan anggaran provinsi karena kami ingin mengurangi kesenjangan," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024