Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel),  HM Nurdin Abdullah mengajak seluruh mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) As’Adiyah agar menyiapkan diri untuk menghadapi era industri 4.0 yang menjadi tantangan bagi generasi muda bangsa ini.

Gubernur dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan dunia saat ini sudah dalam genggaman kita semua yang mana jika ingin mengetahui semua biografi seorang pejabat atau seorang perempuan bisa diketahui melalui google.

"Kita memastikan saat ini dunia sudah dalam genggaman kita semua," katanya yang hadir dalam rangka mengikuti peringatan HUT kabupaten Wajo ke-620 pada 29 Maret 2019.

Semua negara maju di dunia ini, lanjut dia, adalah daerah yang menjadikan dunia kampus atau dunia pendidikan sebagai pusat mencetak generasi bangsa.

"Dapur saya itu ada di kampus, kenapa harus di kampus Karena kampus yang mencetak semua generasi baru yang dibutuhkan daerah. Kenapa kita semua masih negara berkembang terus karena kita tidak menggunakan kampus sebagai dapur, negara maju lainnya bisamen jadi negara maju karena menggunakan kampus sebagai dapurnya," ujar mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Menurut dia, untuk menjadikan sebuah daerah yang maju seperti kabupaten Wajo ini, tentu harus bersinergi antara tiga elemen penting. yakni pemerintah, dunia usaha dan dunia pendidikan.

"Kampus selalu mencetak alumni, tetapi tidak ada lapangan kerja. Kenapa ini terjadi Karena tidak ada kerja sama antara dunia usaha, pemerintah dan dunia pendidikan. Makanya tiga ini harus bersinergi supaya kita menjadikan Wajo daerah yang maju," ujar Gubernur.

Selain itu, dirinya juga berharap civitas akademika As'adiyah Sengkang agar menciptakan negarawan. "Dibutuhkan kepribadian yang menjadi contoh, teladan," katanya.

Negara kita, lanjutnya, membutuhkan pemimpin yang peduli kepada rakyat. Ia mengharapkan kepada mahasiswa IAI As'adiyah untuk belajar dan harus siap mengambil alih kepemimpinan di masa yang akan datang.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024