Makassar (ANTARA) - Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suaheb berpesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) juga petugas haji untuk selalu meningkatkan kesabaran dan mengatur waktu setibanya di tanah suci pada musim haji tahun ini.

"Banyak sabar kalau di sana dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Untuk para jamaah agar tidak tertinggal bus sebaiknya segera bergegas dan pandai melihat waktu," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan saat membuka bimbingan manasik haji tingkat kota Makassar di Makassar, Rabu.

Ia juga menyampaikan kepada petugas haji, saat membuka bimbingan manasik haji tingkat kota Makassar di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, jalan Perintis Kemerdekaan, agar pelayannya sangat dibutuhkan, sehingga memperhatikan tugasnya jangan sampai membuat jamaah merasa terabaikan.

Iqbal juga mendoakan jamaah dan petugas haji diberi kesehatan dan kemudahan selama menjalankan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur.

Manasik haji ini dilaksanakan agar jamaah mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai rukun dan wajib haji sehingga memudahkan jamaah selama menjalankan ibadah haji.

Berdasarkan data yang dipaparkan Kepala Kementrian Agama Kota Makassar HM Arsyad Ambo Tuo, melalui sambutannya menyebutkan, Kota Makassar mendapatkan tambahan kuota dari jumlah yang disediakan untuk pemberangkatan haji tahun 1440 Hijriah.

"Kami akan memberangkatkan Jamaah Calon Haji sebanyak 1.185 orang, dimana sebelumnya hanya 1.143 jamaah saja. Namun ada tambahan 33 orang sehingga total jamaah yang akan berangkat menjadi 1.185 orang, karena ada sembilan orang diantaranya Tim Pemandu Haji Daerah," ungkap dia.

Ambo Tuo menambahkan, ada 14 kloter dari kota Makassar dari 40 kloter yang siap diberangkatkan. Rencananya, kloter pertama mulai masuk ke Asrama Haji pada 6 Juli 2019 dan diterbangkan keesokan harinya pada 7 juli 2019.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024