Malili (ANTARA) - Bupati Luwu Timur  (Lutim) berjanji untuk segera  merampungkan infrastruktur jalan aspal menuju lokasi tempat pelaksanaan upacara Ngaben di Desa Balirejo, Luwu Timur.

"Saya akan segera  perintahkan Kadis PU  agar secepatnya  menyelesaikan jalan  ke tempat ini " kata Bupati Lutim HM Thorig Husler saat menghadiri upacara adat Ngaben Umat Hindu di Desa Balirejo, Kecamatan Angkona, Lutim, Sulawesi Selatan, Kamis.

Husler juga mengaku bersyukur karena bangunan untuk upacara ngaben sudah bisa dimanfaatkan umat Hindu meskipun belum rampung secara keseluruhan terutama lantainya.

"Patut disyukuri kita bisa manfaatkan bangunan di lokasi ini untuk upacara ngaben. Kalau dulu kita masih pakai tenda, sekarang sudah tidak lagi. Secara bertahap kita akan rampungkan bangunannya," ujarnya.

Pada acara ini, Bupati Thorig Husler dipercaya untuk mengawali prosesi kremasi menyalakan api suci untuk mengkremasi jenazah nenek Wayan Kenyung (100).

Bupati menyampaikan turut berduka kepada seluruh keluarga Wayan Kenyung. Menurutnya kematian itu pasti terjadi sebab sudah menjadi ketentuan bahwa setiap mahluk bernyawa akan merasakan kematian.

Kegiatan ini juga dihadiri Camat Angkona I Ketut Riawan Budiarta, serta Kabag Humas dan Protokol Lutim Rizki Alamsyah.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024