Mamuju (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar menghadiri sekaligus bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2019 yang berlangsung di Pelataran Kantor Imigrasi Kelas II Mamuju, Rabu.

Pada peringatan HDKD yang mengusung tema 'Transformasi Meraih Kinerja Pasti' itu  Wagub Sulbar didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar, menyerahkan piagam penghargaan kepada empat ASN Kemenkumham yang bertugas di Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Pasangkayu, masing-masing Herry Oscar, Habri Triatno, Nalbrianto dan M.  Rafly.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi mereka dalam menggagalkan masuknya narkotika ke Rutan Negara Kelas II B Pasangkayu.

Wagub Sulbar Enny Anggraeni Anwar menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI, antara lain menekankan sumber daya manusia (SDM) Kemenkumham harus mampu mengelola dan mempergunakan fasilitas kemajuan teknologi informasi dalam bekerja.

"SDM Kemenkumham tidak boleh lagi gagap teknologi (gaptek), semuanya harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik," ujarnya seraya menambahkan keberhasilan transformasi birokrasi digital di Kemenkumham tergantung dari kemampuan adaptasi SDM-nya.

"Kompetensi SDM sangat mempengaruhi keberhasilan transformasi birokrasi digital," katanya.

Ia juga menyampaikan, lima tahun ke depan seluruh ASN Kemenkumham harus bekerja dengan keras, cepat dan produktif serta lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi di seluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran.

Melihat urgensi penerapan birokrasi digital, ia meminta kepada seluruh SDM Kemenkumham segera bertransformasi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat.

"Saya minta seluruh unit organisasi di bawah koordinasi Badan Pengembang SDM Hukum dan HAM, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada aparatur sipil negara (ASN) di unit masing-masing, dengan materi-materi yang 'up to date, based on it' dan mampu menjawab isu-isu strategis," ujarnya.

Melalui kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas pencapaian kinerja seluruh jajaran Kemenkumham yang cukup memuaskan dan menggembirakan selama 2014-2019.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto mengatakan, saat ini seluruh layanan dan pengelolaan administrasi perkantoran di Kanwil Kemenkumham Sulbar sudah memanfaatkan teknologi informasi.

"Saat ini seluruh layanan kita sudah online, seperti di bidang imigrasi  dengan layanan paspor online, begitu juga di bidang pemasyarakatan usulan remisi  online. Jadi semuanya mengurangi kontak dengan manusia," beber Harun.

Pewarta : Amirullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024