Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan M. Nurdin Abdullah memastikan tiga daerah di Luwu Raya, masing-masing Kota Palopo, Kabupaten Luwu, dan Luwu Utara siap melakukan percepatan proses lelang barang dan jasa pada Desember 2019.

Hal itu dikemukakan Gubernur Nurdin saat memimpin kelompok diskusi terpumpun "Program Prioritas untuk Tiga Daerah di hadapan Bupati dan Wali Kota wilayah Luwu Raya" di Kantor Perwakilan Pemprov Sulsel, Kota Palopo, Kamis.

Ia mengatakan kepada seluruh pemerintah daerah, utamanya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, di tiga kabupaten dan kota tersebut, segera melakukan persiapan agar bisa melakukan lelang pada awal Desember 2019.

"Hari ini kita hadir ingin memastikan apa saja yang sudah siap untuk dilelang awal Desember ini," kata dia.

Forum itu pertama kali dilakukan antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten di Sulsel. Forum itu dilakukan menjelang akhir tahun untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan tahun depan.

"Ini adalah tradisi pertama kita melakukan FGD (Focus Group Discussion) kayak gini. Ini adalah diskusi ini untuk mendorong pencapaian anggaran, memacu pertumbuhan pembangunan, terutama kawasan wisata yang ada di sini (Luwu Raya, red.), antara lain danau-danau yang ada," ujar mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Selain Luwu Raya, Pemprov Sulsel akan mendukung penuh daerah mana saja yang memiliki rencana pembangunan dan memiliki inovasi-inovasi terdepan pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan.

"Siapa pun yang punya kesiapan untuk pembangunan kota akan kami 'support' penuh. Karena banyak yang punya bandara bagus tapi belum siap untuk jalur penghubungnya, makanya Pemprov Sulsel hadir untuk itu," ujarnya.

Forum itu, antara lain dihadiri Wali Kota Palopo Judas Amir, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, dan Bupati Luwu, Basmin Mattayang, Mereka masing-masing disertai kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Hadir pula Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Pemprov Sulsel Rudy Jamaluddin.

 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024