Mamuju (ANTARA) -  Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat bersama Dinkes Kabupaten Pasangkayu dan Puskesmas Bambalamotu melaksanakan kegiatan fasilitasi dan intervensi program mandiri, cerdas, sehat (Marasa) di bidang kesehatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dr Muhammad Ihwan di Mamuju, Kamis, mengatakan, program Marasa merupakan program prioritas Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, di Kabupaten Pasangkayu.

Ia mengatakan, program Marasa di Kabupaten Pasangkayu ada menyentuh 20 desa tahun 2019.

Menurut dia, desa yang disentuh program marasa tersebut adalah desa dengan latar belakang desa yang memiliki indikator kesehatan masih rendah.

"Kegiatan Dinkes Sulbar dan Dinkes Pasangkayu adalah memberikan pemahaman tentang kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan di desa tersebut," katanya.

Menurut dia, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Kemudian, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program "Indonesia Pintar" untuk mendukung "Indonesia Sehat" serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" yang dilaksanakan pemerintah pusat.

"Selaras dengan hal tersebut Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, merumuskan visi melaksanakan pembangun di sektor kesehatan," katanya.

Ia menyampaikan, kegiatan fasilitasi dan intervensi program Marasa tersebut dilaksanakan dengan beberapa kegiatan di antaranya melakukan advokasi desa Marasa, penyerahan posbindu dan posyandu Kit, penyuluhan kesehatan tentang gizi dan KIA, Imunisasi, TBC.

Kemudian program lingkungan, penyakit tidak menular ( PTM ) dan melakukan pelayanan kesehatan, screening PTM & Program Kefarmasian ke masyarakat desa wulai.

"Program dilaksanakan secara terintegrasi dengan beberapa program melakukan intervensi di desa dengan tujuan utamanya adalah untuk punurunan angka stunting , untuk meningkatkan cakupan indikator indikator desa sehat," kata Ikwan.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024