Makassar (ANTARA) - Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mencetak 1.000 alumni melalui wisuda yang tersebar dari program Diploma III (D3), Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3) di Kampus Orange tersebut di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

"Saya mengimbau para wisudawan, jika kelak Anda melangkahkan kaki meninggalkan kampus tercinta ini, libatkanlah selalu panji-panji almamater, tanamkan rasa memiliki serta pupuklah rasa bangga sebagai alumni UNM sebagai perguruan tinggi unggul yang berakreditasi A,” imbau Rektor UNM Prof Husain Syam di Pelataran Menara Pinisi UNM, Kamis.

Melalui pengukuhan 1.000 wisudawan dan wisudawati itu, berarti jumlah alumni UNM Makassar menjadi 133.995 orang dengan rincian sebanyak 123.000 lulusan kependidikan dan 10.995 lulusan non-kependidikan.

"Kemanapun para alumni melangkah mengabadikan diri untuk selalu membawa nama baik UNM, dengan menunjukkan bahwa UNM sebagi perguruan tinggi unggul," harap Husain.

IPK tertinggi pada wisuda periode Desember 2019 ini diraih oleh politisi NasDem, Akbar Faizal dengan IPK 4.00 pada jenjang Pascasarjana. Sementara untuk jenjang strata-1 mahasiswa dengan IPK tertinggi diraih oleh Isa Bela Islami IPK 3.89 dari program studi Pendidikan Luar Biasa.

Dari seribuan alumni, lulusan yang mendominasi berasal dari Program Pascasarjana sebanyak 201 orang, kemudian Fakultas Ilmu Sosial 168 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 127 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan 104, Fakultas Ekonomi 103 orang, Fakultas Teknik 96 orang, Fakultas Bahasa dan Sastra 77 orang, Fakultas Ilmu Olahraga 68 orang, Fakultas Seni dan Desain 44 orang dan Fakultas Psikologi 12 orang.

Pada kesempatan ini pula, prosesi wisuda dihadiri ketua LLDikti yang juga mewakili Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Prof Jasruddin memberikan sambutan motivasi kepada para mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi di penghujung tahun 2019.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024