Makassar (ANTARA) - Universitas Bosowa (Unibos) Makassar dipastikan siap mengirimkan 40 mahasiswanya untuk magang di berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Wakil Rektor III Unibos, Dr Abd Haris Hamid di Makassar, Jumat, mengatakan mahasiswa harus memanfaatkan lembaga ini sebelum lulus kuliah untuk membangun pengembangan hardskill dan softskill mahasiswa sebelum menjadi lulusan Unibos.

Sebelum ikut magang di perusahaan BUMN, 40 mahasiswa tersebut telah lulus seleksi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang merupakan Program Career Development Center (CDC) Unibos bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

"Mahasiswa yang lulus patut berbangga menjadi mahasiswa Unibos, karena tidak semua Universitas di Indonesia Timur memiliki kerja sama dengan FHCI," katanya.

Oleh karena itu, Ia berharap agar mahasiswa yang lolos dalam PMMB bisa memanfaatkan peluang dengan baik.

"Semoga 95 persen dari 40 persen ini akan terserap kembali pada perusahaan tersebut” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pusat Karir dan Tracer Study atau CDC Unibos Dr Lukman Setiawan mengatakan pihaknya juga telah melakukan teken nota kesepahaman dengan berbagai perusahaan BUMN tahun ini.

"Dengan MoU itu, harapan kita Unibos menjadi universitas swasta ternama 'go public go internasional' dan agar mahasiswa atau alumni Unibos bisa terserap di perusahaan BUMN," tandasnya.

Sebelum disebar ke berbagai perusahaan BUMN, untuk kegiatan magang, CDC Unibos juga memberikan pembekalan sejak dini bagi mahasiswa.

Pembekalan magang itu dibuka langsung oleh Rektor Unibos, Prof Dr Ir Saleh Pallu. M.Eng. turut hadir WR I Ir. Baharuddin, M.Si, PhD, WR II Dr Mas’ud Muhammad, M.Si dan WR III , S.H M.H. di Ruang Rapat Senat gedung I Universitas Bosowa.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024