Makassar (ANTARA News) - Maskapai penerbangan nasional Sriwijaya Air akan menambah dua armada baru jenis pesawat Boeing 737-800 pada 10 November 2010.

"Branch Manager" Sriwijaya Air Sri Budianto di Makassar, Kamis, mengatakan, kehadiran dua maskapai baru berkapasitas 219 penumpang tersebut akan menambah 27 armada yang kini dimiliki oleh pihaknya.

"Tidak ada maksud untuk mendahului direksi kedua pesawat baru tersebut akan diluncurkan tepat pada hari ulang tahun maskapai ini. Dari 27 armada yang kami miliki tujuh di antaranya sudah milik sendiri dan 20 lainnya masih 'leasing'," jelasnya.

Ia mengatakan, kehadiran dua pesawat adalah bagian dari upaya  untuk semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan transportasi udara nasional dalam kompetisi yang semakin ketat.

"Kami harus mempersiapkan diri untuk semakin dikenal di dunia penerbangan nasional sekaligus sebagai persiapan menjelang diberlakukannya 'open sky'," ujarnya.

Selain penambahan armada pihaknya juga melakukan kontrak kerja sama dengan hotel di Makassar untuk memperluas pasar penumpang.

"Kami memilih bekerja sama dengan Hotel Clarion yang memiliki jaringan marketing yang baik," katanya pada penandatanganan kontrak kerja sama Clarion and Convention Makassar dengan Sriwijaya Air.

General Manager Hotel Clarion Anggiat Sinaga mengatakan, bentuk kerja sama yang dilakukan adalah potongan harga tiket pesawat bagi tamu yang menginap di hotel sebesar 10 persen, kerja sama produksi material promosi dan bintang tamu artis serta grup musik menyelenggarakan kegiatan di hotel wajib menggunakan maskapai ini.

Budianto menambahkan, pihaknya juga berencana mengembangkan sayap rute penerbangan dari Makassar ke Papua. Total rute penerbangan yang dilayani maskapai ini dari Makassar hingga kini berjumlah delapan kota tujuan dengan 11 frekuensi penerbangan.

Kota tujuan tersebut antara lain, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Banjarmasin, Gorontalo, Kendari, Ternate. "Penjajakan rute enerbangan dari Makassar ke Singapura juga tengah kami rintis bersama Pemprov Sulsel," katanya.

Ia menyatakan, semua hal yang dilakukan pihaknya ini adalah bagian dari proses menuju ke kelas premium termasuk rencana pengadaan kelas bisnis dan penyediaan "executive lounge".

Menurutnya, pada semester pertama 2010 jumlah isian penumpang dari maskapai ini mengalami peningkatan menjadi 90 persen, dibandingkan 2009 yang mencapai 88 persen.

Untuk masa liburan panjang sekolah, lanjutnya, rute penerbangan   yang cukup padat adalah Makassar-Jakarta dan Makassar-Surabaya.

"Khusus masa liburan kami memberikan potongan harga tiket bagi pelajar berprestasi sebesar 20 persen ke seluruh rute yang kami layani," jelasnya. (T.KR-RY/F002)   

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024