Makassar (ANTARA) - TP PKK bersama Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan meminta para finalis putra putri pendidikan untuk berperan sebagai duta kampanye pengurangan sampah plastik dan pencegahan stunting di daerah tersebut.

"Saya kasih tugas kepada anak-anakku semua untuk sosialisasikan pencegahan stunting dan bahaya limbah plastik yang menyebabkan kanker," kata Ketua TP PKK Sulawesi Selatan Lues F Nurdin di Makassar, Minggu.

Ia juga mengajak para generasi milenial untuk terus mendukung program pemerintah, terutama terkait penanganan stunting dan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

"Anak-anak muda sekarang tidak ada lagi yang pakai plastik sekali pakai ya! Tidak keren kalau masih pakai plastik, tidak mengikuti zaman yang begitu. Ayo kita jaga lingkungan kita," imbaunya.

Istri Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah itu juga mengapresiasi dan dukungan yang besar kepada putra-putri terbaik Sulsel yang menjadi finalis Putra Putri Pendidikan Indonesia Sulawesi Selatan.

"Bapak/Ibu kepala dinas, tolong disupport teman-teman Ikaraeng untuk seluruh kegiatannya, karena Ikaraeng adalah kumpulan dari teman-teman Dara dan Daeng yang ada di Sulawesi Selatan," ujarnya.

Plt Kadis Pendidikan Suls, Asri Sahrun Said juga menyampaikan dukungannya kepada para generasi muda Sulsel.

"Kami dari Dinas Pendidikan Sulsel menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya anak-anakku yang telah menggagas Ikaraeng dan menyelenggarakan acara ini. Kita bertekad untuk mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan positif para generasi muda, generasi milenial Sulsel, karena ini merupakan bentuk bagaimana putra-putri pendidikan diberdayakan," pungkas Asri.

Sebelumnya, 54 orang peserta yang mendaftar Putra-Putri Pendidikan Indonesia Sulawesi Selatan telah mengikuti rangkaian proses seleksi mulai dari tes tertulis, interview, talent show, pembekalan dan karantina, hingga akhirnya tersaring sebanyak 15 pasang finalis terbaik yang masuk ke grand final.

Nantinya, pemenang terbaik pada puncak acara Putra Putri Pendidikan Indonesia Sulawesi Selatan, akan mewakili Sulawesi Selatan di tingkat nasional.

"Pesan bagi para pemenang dan para peserta agar bisa menjalankan tugas dengan baik, termasuk yang diharapkan Ibu Gubernur. Dan bagi pemenang yang memegang tongkat estafet selanjutnya, berikanlah yang terbaik," pesan Putri Pendidikan Sulsel 2019, Ma'rifatun Qomariyah

Pada ajang itu terpilih

Juara1 
Putra : Anugrah Prima Dirgahayu (Kab. Maros)
Putri : A. Ummu Fauziyyah (Kab. Bulukumba)

Juara 2
Putra: A. Ahmad Raehan R. (Kota Makassar)
Putri: A. Nani (Kab. Jeneponto)

Juara 3
Putra: Muhammad Fajri Syapar (Kab. Gowa)
Putri: Jusrani (Kab. Bulukumba).

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024