Padang (ANTARA) - Kementerian BUMN dengan tagline Hadir Untuk Negeri di Provinsi Sumatera Barat pada perayaan HUT ke-22  akan memberikan bantuan untuk rumah sakit rujukan yang merawat pasien corona, baik untuk penderita maupun tenaga medis.

Koordinator tim Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Sumatera Barat, Insan Kesuma dalam rapat yang digelar menggunakan video conference, Senin menyatakan bantuan yang akan diberikan tersebut berupa alat pelindung diri, masker, wastafel untuk mencuci tangan serta ventilator.

"Dalam rapat ini kita merumuskan bentuk bantuan yang akan diberikan kepada RS Rujukan, partisipasi dari masing-masing BUMN serta rencana audiensi dengan gubernur yang dilaksanakan besok," ujar Insan yang juga Wakil Presiden PT KAI Divisi Regional II itu.

Dalam rapat itu juga dibahas inventarisasi bantuan yang sudah diberikan BUMN kepada pemerintah daerah serta mekanisme penyalurannya.

"Perlu dibuatkan timelinenya kapan bantuan itu terkumpul untuk segera didistribusikan kepada RS rujukan," ujar Dodi Kurniawan dari BNI.

Kepala Perwakilan ASABRI Agus Purnomo mengingatkan perlunya tindakan preventif untuk disosialisasikan ke masyarakat agar tumbuh kesadaran menghindari diri dari perilaku pemicu penyakit disebabkan virus Corona. Apalagi untuk keperluan peralatan dan pengobatan bagi yang sudah terjangkit membutuhkan biaya yang mahal.

Dalam rapat tersebut terungkap ada BUMN yang sudah menyalurkan bantuan.

PT Telkom misalnya memberikan bantuan berupa 195 paket melalui badan amil zakat nasional Padang berupa beras dan alat pelindung diri,juga disalurlan bantuan serupa untuk Bukittinggi 30 paket dan Solok 25 paket.

Selain itu Pertamina Sumbar memberikan bantuan berupa paket makan siang ke 4 RS rujukan COVID-19 serta Bright Gas dengan menggandeng dua konsumennya yaitu d'Besto & Sate Manang Kabau.

Juga Kanwil BRI Sumbar memberikan bantuan berupa alat pelindung diri untuk medis sesuai standar WHO, masker wajah, sarung tangan medis, sarung tangan panjang, 80 paket Sembako untuk pengemudi online, 20 paket untuk kusir bendi, alat penyemprot disinfektan serta bahan pembuat berupa bycline, supersoll dan karbol wangi.

BUMN lain yang juga sudah menyalurkan bantuan diantaranya PT Semen Padang, Pelindo, BNI dan Angkasa Pura II

"Bantuan yang tengah digalang Satgas saat ini di luar bantuan yang sudah diberikan BUMN di atas," ujar Insan.
 

Pewarta : Laila Syafarud
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024