Makassar (ANTARA News) - Irjen Pol Johny Wainal Usman resmi menjabat Kapolda Sulselbar menggantikan Irjen Pol Adang Rochjana yang dimutasi ke Mabes Polri sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Sebelumnya, sertijab Kapolda Sulselbar sudah dilaksanakan pada 19 Agustus lalu di Mabes Polri. Namun, Johny baru resmi menjabat di daerah ini sejak Selasa (31/8).

Hadir sejumlah pejabat tinggi di daerah ini seperti, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Amril Amir, Ketua DPRD HM Roem, Ketua DPRD Sulbar, Hamzah Hapati Hasan.

Pangkoopsau, Danlantamal Brigjen (Mar) TNI Chaedier Pattonory, Kajati Sulsel Adjat Sudrajat, Ketua Pengadilan Tinggi, Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, Danlanud, Rektor UNM Arismunandar, dan Ketua PWI Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh.

Dalam sambutannya, mantan Kapolres Barru ini berjanji akan mengembang tugas sebagai Kapolda Sulsel dengan baik.

Johny menyatakan siap bekerja keras untuk menjaga situasi Kamtibmas di daerah ini lebih kondusif dengan menindak tegas pelaku kejahatan.

"Penindakan terhadap segala aksi kejahatan, harus menjadi prioritas utama di setiap polres. Selain itu, polisi harus bersahabat dengan masyarakat. Kehadiran polisi di masyarakat jangan jadi lawan, tetapi menjadi si dingin atau penyejuk," pinta Johny.

Usai sertijab, mantan Kapolda Sulsel Irjen Pol Adang Rochjana dilepas. Prosesi pelepasan cukup unik. Adang bersama istrinya naik di atas mobil jeep, kemudan ditarik oleh anggota Provos Polda menggunakan kembang yang disambung.

"Saya mohon maaf atas segala keterbatasan selama ini. Maaf kalau saya belum mampu memberi kontribusi maksimal. Saya sadari masih banyak kelemahan, dan saya yakin pengganti saya lebih baik," ujar Adang.  (T.KR-AAT/F003)

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024