Makassar (ANTARA) - Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (APPI-ARB) mengklaim akan diusung tiga partai politik (parpol) di pilkada Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Desember 2020.

"Alhamdulillah, sudah cukup (syarat usungan). Insya Allah, kita segera melakukan deklarasi dalam waktu dekat ini," kata Munafri saat dikonfirmasi wartawan dari Makassar, seusai menerima rekomendasi di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu.

Diperoleh informasi rekomendasi penetapan pasangan bakal calon ini bernomor 204/SK/DPP.PD/VIII/2020. Penyerahan rekomendasi tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di Kantor DPP Partai Demokrat Jakarta.

Hadir mendampingi saat penyerahan rekomendasi itu masing-masing Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe, bersama Ketua Bappilu Demokrat Sulsel Selle KS Dalle dan Ketua DPC Demokrat Kota Makassar Adi Rasyid Ali.

Sebelum ke kantor DPP Partai Demokrat, pasangan ini bertemu Sekjen DPP PPP Asrul Sani untuk membicarakan teknis penyerahan rekomendasi PPP yang akan disampaikan oleh Ketua DPW PPP Sulsel.

Dengan diserahkannya usungan dari Demokrat, dan akan menyusul PPP serta Partai Perindo maka koalisi parpol ini akan mencukupkan syarat mendaftar di KPU Makassar dengan ketentuan di dukung dan diusung minimal 10 kursi di DPRD setempat. 

Untuk perolehan kursi pada Pemilu 2019 lalu, Demokrat mendapat enam kursi, PPP meraih lima kursi dan Partai Perindo memiliki dua kursi, dari jumlah total tiga parpol sebanyak 13 kursi atau melebihi dari syarat yang ditentukan KPU Makassar.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPW PPP Sulsel Muh Aras mengemukakan arah dukungan kepada pasangan ini sudah final, hanya saja menunggu instruksi dari DPP PPP terkait penyerahan rekomendasinya.

"Soal itu kami masih mencari-cari waktu kapan mereka siap dan disesuaikan dengan jadwal dari kami. Untuk rekomendasi seperti apa (B.1 KWK) belum diketahui, tapi sudah disiapkan," ujar anggota DPR RI ini.

Ketua DPW Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan saat ditanyakan apakah sudah pasti partainya juga mengusung mereka, ia menegaskan bahwa sudah final partainya mendukung dan mengusung pasangan APPI-ARB.

"Perindo sudah final ke pasangan APPI-ARB. Untuk waktunya kapan penyerahan rekomendasi masih menunggu petunjuk dari pusat, tapi soal rekomendasi partai sudah pasti," ujarnya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024