Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, menerima satu unit mobil layanan sadar arsip yang diserahkan Kepala Arsip Nasional yang diwakili Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Drs Andi Kasman, MM di Mamuju, Kamis.

Penyerahan mobil layanan sadar arsip ini diterima secara simbolis oleh sekretaris provinsi Sulbar, Arsyad Hafid, didampingi Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulbar, Dra Hj. Darmawati yang disaksikan beberapa kepala SKPD, badan dan biro yang ada di daerah itu.

Andi Kasman mengatakan, mobil layanan dihibahkan Badan Arsip Nasional pada pemerintah Provinsi Sulbar yang diperuntukkan untuk sarana belajar dan ilmu bagi mansyarakat tentang arsip-arsip lama negara, baik dalam bentuk film maupun dokumen.

Ia menuturkan, mobil ini juga dilengkapi fasilitas untuk menggandakan, menyimpan atau memperabaiki arsip penting pemerintah/daerah untuk kepentingan masyarakat di provinsi terbungsu ini.

"Mobil ini diharapkan dioptimalkan pemakaiannya. Apalagi harus melayani animo masyarakat di seluruh daerah yang ada di Sulbar, yang selama ini sangat membutuhkan pengetahuan tentang arsip-arsip lama milik negara, daerah maupun pemerintah," ucapnya.

Dikatakannya, mobil layanan sadar arsip ini senilai Rp500 juta dengan dilengkapi berbagai fasilitas untuk memenuhi layanan di tengah masyarakat.

Ditempat yang sama, sekretaris provinsi Sulbar, Arsyad Hafid mengatakan, penghargaan yang tak ternilai atas perhatian tinggi dari Arsip Nasional yang telah memberikan bantuan hibah berupa satu unit mobil layanan sadar arsip.

"Sulbar sebagai pemerintah termuda masih sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah pusat, temasuk dari arsip nasional," kata dia.

Ia mengemukakan, mobil ini akan digunakan oleh Badan perpustakaan dan arsip Sulbar untuk digunakan dalam memberikan layanan optimal kepada masyarakat yang ada di lima kabupaten.

Selama ini, kata dia, badan arsip dan perpustakaan Sulbar terkendala melaksanakan kegiatan di lapangan karena belum memiliki kendaraan operasional.

"Hadirnya mobil layanan arsip ini akan semakin mempermantap pelayanan kepada masyarakat hingga ke wilayah pelosok desa," timpalnya. (T.KR-ACO/F003) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024