Makassar (ANTARA) - Sekretaris Yayasan Lembaga Konsumen Sulawesi Selatan (YLKSS) Yudi Rahardjo mengatakan, operator seluler harus menjamin keamanan data pelanggan, sehingga tidak ada oknum menyalahgunakan data tersebut.

Hal itu dikemukakan Yudi dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional di Makassar, Jumat.

Menurut dia, kerahasiaan data pelanggan itu penting dilindungi seperti yang dicantumkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 bahwa Data pengguna adalah sesuatu yang bersifat rahasia yang wajib dilindungi.

Karena itu, lanjut dia, sudah menjadi kewajiban para operator seluler menjaga keamanan data pelanggan sebagai bagian dari upaya memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada hari ini.

Menanggapi hal itu, Vice President Head of Sales Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) PT Indosat Ooredoo Sugianto pada webinar di Makassar mengatakan, pihaknya sudah menghadirkan layanan bagi pelanggan dengan jaminan kerahasiaan data bagi pelanggan yakni program Indira.

"Indira ini singkatan dari Indosat Digital Representative Assistance yang memberikan peluang pada pelanggan untuk bertanya apa saja terkait layanan kami," katanya.

Menurut dia, Indira ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pada masa pandemi COVID-19 yang lebih banyak menggunakan jasa daring, demi mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Melalui Indira ini, lanjut dia, akan mempercepat respon dan menjawab pertanyaan sederhana yang diajukan pelanggan seperti pengecekan pulsa, kuota, jenis paket, informasi penawaran terbaru IM3 Ooredoo,hingga menyampaikan keluhan-keluhan untuk segera ditindaklanjuti.

Sementara itu, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh, mengimbuhkan, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelayanan dan pengalaman pelanggan dala mmenikmati layanan telekomunikasi digital.

Termasuk membantu pemerintah dalam penyediaan kuota bagi siswa dan mahasiswa untuk belajar daring di rumah. Begitu pula membantu masyarakat yang berkerja di rumah (work from home) dengan penyediaan paket-paket kuota khusus dengan harga murah.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024