Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) terpilih, Bachder Djohan telah menyiapkan lima langkah strategis untuk membangun organisasi tenaga konsultan yang lebih profesional dan kompeten.

Bachder yang sudah kedua kalinya dipercaya memimpin Inkindo pusat ini menyiapkan program yang dapat memperkuat daya saing tenaga konsultan menghadapi terjangan tenaga-tenaga konsultan dari luar negeri.

"Lima langkah yang saya siapkan ini merupakan hasil tindak lanjut dari program-program yang telah disusun di periode sebelumnya," kata Bachder Djohan setelah terpilih kembali sebagai Ketua Umum dalam Musyawarah Nasional Inkindo ke-6 di Makassar, Jumat.

Menurut dia, menciptakan iklim usaha strategis dengan menerbitkan "annual billing rate" dan membuka segmentasi pasar dengan melakukan terobosan untuk menerbitkan regulasi yang berpihak kepada pengembangan jasa konsultansi menjadi poin penting yang akan diselesaikan.

"Kami akan mendorong agar usulan undang-undang jasa konsultan sudah bisa berjalan 2011 mendatang. Paling tidak upaya ini bisa meningkatkan kualitas tenaga konsultan untuk mendorong penciptaan pengelolaan pemerintahan yang baik," ungkap dia.

Dikatakannya, upaya perluasan jejaring informasi dengan meningkatkan kerjasama Internasional akan dilakukan melalui forum Technical Consultancy Development Programme for Asia and the Pacific (TCDPAP) dan forum jasa konsultan di negara-negara lainnya.

"Demikian juga peningkatan kerjasama dan hubungan dengan lembaga-lembaga donor dan Internasional akan terus dilakukan untuk memperbesar segmen pasar anggota,' ucap dia.

Dia menambahkan, fungsi advokasi hukum organisasi juga kan dioptimalkan dengan menggandeng lembaga bantuan hukum (LBH) dan perguruan tinggi guna kepentingan anggota INKINDO yang terjebak dengan persoalan hukum. (T.KR-HK/B012) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024