Makassar (ANTARA) - Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan memprediksi jumlah penumpang di bandara, pelabuhan ataupun terminal akan naik sebesar 20 persen selama masa libur panjang.

Kadis Perhubungan Sulsel Muhammad Arafah di Makassar, Kamis, mengatakan kondisi ini tentu harus menjadi perhatian dan antisipasi khususnya dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 di daerah itu.

"Jumlah penumpang pada libur panjang sejak 28 Oktober hingga 1 November ini diprediksi meningkat 20 persen. Kami imbau untuk tetap patuh pada protokol kesehatan," katanya.

Selain kepada para penumpang atau masyarakat, Dishub juga meminta kepada pihak maskapai termasuk perusahaan otobus agar lebih memperketat upaya pencegahan penularan COVID-19 di kendaraan.

Termasuk menambah armada agar kapasitas bus bisa dikurangi sehingga bisa menjalankan protokol kesehatan khususnya menjaga jarak antar penumpang.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengatakan libur panjang ini juga diisi dengan Maulid Nabi yang biasanya ada tradisi berkumpul masyarakat.

"Jadi, kami antisipasi juga arus masyarakat yang akan ke kota maupun yang akan pulang kampung dengan seluruh pihak terkait," jelas Abdul Hayat.

"Kita akan rapatkan barisan dalam rangka libur panjang ini. Jangan sampai kita kecolongan lagi dan terjadi peningkatan kasus positif COVID-19 di Sulsel," lanjutnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024