Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto menginginkan para Kalapas/Karutan terus memotivasi warga binaan agar tekun beribadah, dan tetap berpuasa selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah bagi yang beragama Islam.

Keinginan tersebut diungkapkan saat Harun Sulianto memberi arahan kepada Kepala Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Pemasyarakatan yakni Kalapas/Karutan terkait pengamanan dan pembinaan selama bulan suci Ramadhan 1442 H secara virtual, pada Selasa (13/4).

Harun memerintahkan pejabat dan petugas lapas/rutan untuk melakukan pendekatan, pembinaan yang baik kepada warga binaan agar mereka merasa tenang selama di lapas.

"Lakukan pendekatan dan beri motivasi agar mereka tekun berpuasa dan melakukan ibadah lainnya selama Ramadhan sehingga kamtib lapas terkendali," ujarnya.

Harun juga mengingatkan para Kalapas/Karutan untuk melakukan pengecekan secara langsung terkait bahan makanan, pengolahan, penyajian, kualitas dan jumlah bahan makanan untuk warga binaan dan tahanan.

Para Kepala UPT juga diminta untuk giat berkoordinasi dengan aparat penegak hukum, pemerintah daerah, TNI, dan Polri  guna menciptakan keamanan dan ketertiban lapas/rutan selama Ramadhan.
  Peserta virtual meeting dengan Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, terkait pengamanan dan pembinaan selama bulan suci Ramadhan 1442 H, pada Selasa (13/4). (ANTARA/HO/Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Sementara itu, Kadiv Pemasyarakatan Edi Kurniadi menyampaikan pentingnya peningkatan keamanan di lapas dan rutan melalui kegiatan apel pergantian regu jaga di malam hari selama bulan puasa.

“Saya harapkan kepada Kepala UPT dan Pegawai Struktural agar mengambil alih apel pergantian regu jaga terutama di malam hari. Ini adalah sebagai langkah deteksi dini,” ujar Edi sembari menekankan pentingnya aspek kesehatan yang harus selalu menjadi perhatian.

Menurut dia, makanan yang menjadi komsumsi sehari-hari warga binaan harus dalam keadaan steril.

"Untuk itu, dapur di Lapas dan Rutan harus bersih. Dokter dan perawat harus dilibatkan untuk memeriksa dapur dan hunian," ujarnya. (*/Inf)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024